meringankan bacaan berat

Friday, 17 June 2011

Kendaraan Kecil Paling tak Aman

-->

JAKARTA--Kendaraan kecil makin banyak mendapat tempat di seluruh dunia, tak terkecuali negara maju, seiring harga gas yang kian tinggi.

Tapi,  laporan dari suatu lembaga yang dibiayai industri asuransi menyebutkan bahwa kendaraan kecil kalah jauh dalam hal keamanan dibandingkan kendaraan kelas lain.

Insurance Institute for Highway Safety di Amerika Serikat menyimpulkan bahwa tingkat kematian untuk kendaraan kecil 4 pintu adalah 72 per satu juta kendaraan untuk buatan tahun 2005-2008.

Angka ini sebenarnya sudah berkurang dibandingkan 110 per sejuta untuk model tahun 1999-2002. "Ini adalah peringatan bagi pemerintah yang sedang merancang peraturan untuk  mengharuskan pabrik kendaraan membuat kendaraan yang makin kecil dan ringan," kata juru bicara  aliansi pabrik mobil di AS, Wade Newton, seperti dilansir antaranews.com, Jumat (17/6).

"Laporan ini menjelaskan pertanyaan kenapa orang Amerika membandingkan ukuran kendaraan dan keselamatan walaupun kendaraan kecil zaman sekarang makin aman." kata Newton.

Laporan IIHS menyebutkan bahwa pengemudi kendaraan kecil hampir tiga kali lipat lebih besar risikonya untuk meninggal dalam tabrakan  dibandingkan dengan keadaan jika kendaraannya terguling.

Kendali stabilitas menurut IIHS tidak terlalu banyak manfaatnya bagi kendaraan kecil. "Data sudah jelas : makin ringan kendaraan, makin tinggi kemungkinan tewasnya pengemudi dalam tabrakan dengan kendaraan lain," kata Mukul Verma, mantan pejabat bidang keselamatan berkendara di industri otomotif.


0 comments :

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons