meringankan bacaan berat

Saturday, 24 December 2011

Sepuluh Sungai Terpanjang di Dunia



Di dunia ini banyak sekali terdapat sungai yang mengalir dari hulu ke hilir. Tak terhitung jumlahnya. Mulai dari yang terbesar hingga yang terkecil, dari yang terpanjang hingga yang terpendek. Berikut sepuluh sungai terpanjang di dunia.

1.      Sungai Nil, Mesir
Sungai Nil (wikimedia)
Sungai Nil terletak di Negara Mesir, Benua Afrika. Sungai Nil merupakan sungai terpanjang di dunia. Panjangnya mencapai 6.650 kilometer (km) atau sekitar 4.132 mil. Secara keseluruhan Sungai Nil melintasi sembilan negara di Afrika, seperti Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, Sudan, dan Mesir.
Sungai Nil berasal dari bahasa Yunani, Neilos, yang berarti lembah sungai. Sungai ini identik dengan sejarah Mesir, yakni sejak zaman Mesir kuno. Sungai Nil mempunyai peranan penting dalam peradaban, kehidupan, dan sejarah bangsa Mesir sejak ribuan tahun yang lalu.
Sungai Nil mengairi wilayah Mesir seluas 20 km persegi. Orang Mesir sebagian besar mengandalkan hidup dari pertanian di lahan subur dari Sungai Nil, setelah dibangunnya bendungan Aswan pada tahun 1970.
Data statistik menyebutkan, sekitar 35 persen penduduk Mesir terdiri atas para petani dan peternak hewan. Mereka melakukan kegiatan ini sejak zaman Firaun. Hasil pertanian di lembah Nil, antara lain tebu, kapas, tomat, bawang, dan kurma. Mesir merupakan pengekspor kurma terbesar nomor dua dan pengekspor kapas nomor lima di dunia.
Pertanian rakyat Mesir makin subur dengan dibangunnya bendungan Aswan. Tanpa adanya bendungan tersebut, sebagian wilayah Mesir akan mengalami banjir akibat meluapnya Sungai Nil.

2.      Sungai Amazon, Brasil
Sungai Amazon, Brasil (mostintheworld.com)
Sungai Amazon memiliki panjang 6400 km atau 3.976 mil. Sungai ini membentang dan melewati tujuh negara, yakni Brasil, Peru, Bolivia, Kolombia, Ekuador, Venezuela, dan Guyana.  Berawall dari aliran Glazer danau Fed di Peru kemudian melintasi beberapa negara Amerika Latin dan berakhir di Samudera Atlantik. Sungai Amazon memiliki total aliran terbesar dibandingkan sungai lainnya. Amazon juga memiliki sistem peraliran terbesar dari seluruh sistem sungai hingga 6,9 juta kilometer.

3.      Sungai Yangtze, Cina
Sungai Yangtze, Cina (wikimedia)
Sungai ini merupakan yang terpanjang di Cina dan Asia. Panjangnya mencapai 6300 km. Sungai Yang Tze ini juga dikenal sebagai sungai pemisah, karena memisahkan antara Cina bagian utara dan selatan.  Sungai Yangtse ini disebut juga dengan nama sungai Chang Jiang, mengalir dari dataran tinggi Tibet hingga bermuara di laut China.

4.      Sungai Mississippi, AS
Sungai Mississippi (www.mississippipaddle.co.uk)
Sungai Mississippi adalah sungai terpanjang kedua di benua Amerika. Alirannya dimulai dari daerah pegunungan Red Rock di Montana dan berakhir di Teluk Meksiko dengan panjang keseluruhan mencapai 3713 mil atau sekitar 6275 km. Sungai ini 98,5 persen berada di AS dan 1,5 persen di Kanada.

5.  Sungai Yenisei, Selenga, Rusia
Sungai Yeniser, Rusia (mostintheworld.com)
Sungai Yenisei ini terletak di antara Rusia dan Mongolia dengan panjang keseluruhan mencapai 5539 kilometer. Di tengah-tengah sungai ini ada bendungan besar.

6.  Sungai Hwang He (Kuning), Cina
Sungai Hwang He atau Sungai Kuning (wikimedia)
Sungai Huang He disebut juga dengan sungai kuning, karena permukaan airnya yang tampak bewarna kuning. Sungai ini membelah Cina bagian utara dengan Tibet. Setidaknya ada Sembilan provinsi yang dilewati oleh sungai sepanjang 5464 km ini.
Tahun 1931, sungai ini meluap hingga menyebabkan banjir besar. Sedikitnya sekitar 1,2 juta jiwa penduduk yang berada di sekitar aliran sungai tewas akibat banjir Sungai Kuning ini.


7.   Sungai Ob, Siberia, Rusia
Sungai Ob, Siberia (wikimedia)
Sungai yang terletak di Siberia, Rusia ini memiliki panjang 5410 kilometer. Aliran sungainya dimulai dari gunung Altai Rusia dan bermuara di teluk Ob, di dekat Barnaul. Oleh masyarakat di sekitarnya, sungai ini dimanfaatkan untuk irigasi, air minum, dan pembangkit listrik. Di perkirakan lebih dari 50 jenis spesies ikan di hidup di aliran sungai ini

8.   Sungai Parana, Paraguay
Foto Sungai Parana diambil dengan menggunakan satelit (www.zonu.com)
Sungai terletak di Paraguay ini merupakan pertemuan antara Sungai Paranaiba dan Sungai Grande, serta berakhir di daerah Rio de La Plata, Brasil. Panjang keseluruhan Sungai Parana mencapai 4880 km. Sungai Parana membentang di lima negara, yakni Brasil, Argentina, Paraguay, Bolivia, dan Uruguay. Sungai Parana merupakan sungai terpanjang kedua di Amerika Selatan setelah Sungai Amazon.

9.   Sungai Kongo, Afrika
Sungai Kongo (www.mongabay.net)
Sungai ini merupakan terpanjang kedua di Afrika setelah Sungai Nil. Panjang Sungai Kongo mencapai 4700 km. Kendati bukan yang terpanjang, tapi sungai ini merupakan sungai terbesar di Afrika. Sungai Kongo membentang dari Kongo, Tanzania, Kamerun, Zambia, Burundi, Rwanda, dan Angola.
Sungai ini memiliki sejumlah spesies ikan yang sangat bermanfaat bagi penduduk di sekitar aliran sungai. Salah satu yang menjadi sorotan di sungai ini adalah keberadaan ikan yang sangat ganas. Ikan itu dijuluki dengan nama ikan harimau.

10.  Sungai Amur, Rusia
Peta Sungai Amur yang membentang dari wilayah Rusia, Cina, hingga Mongolia (wikimedia)
Sungai Amur berada di Eropa dan Asia. Ia membentang dari Rusia, Cina, dan Mongolia. Panjang Sungai Amur, Rusia ini mencapai 4444 kilometer. Namun, sejumlah pihak menyatakan, sungai terpanjang ke-10 bukanlah sungai Amur, melainkan Sungai Lena, juga di Rusia.
Sungai Lena, Siberia (wikimedia)
Sungai Lena terletak di Siberia, Rusia dengan panjang mencapai 4400 km. Sungai ini bermuara dari Laut Arktik hingga Laut Baikal. Sungai Lena sering mengalami pembekuan selama musim dingin. Lama pembekuan itu hingga berlangsung selama tujuh bulan setiap tahunnya. Ketebalan es yang membeku bisa mencapai 100 sentimeter.

(sumber: wikipedia)

0 comments :

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons