meringankan bacaan berat

Saturday, 24 March 2012

Ditemukan, Komposisi Piano Mozart Saat Berusia 10 Tahun

Mozart (foto: musiclassroom.com)
Wolfgang Amadeus Mozart yang bernama asli Johannes Chrysostomus Wolfgangus Gottlieb Mozart, lahir di Salzburg, 27 Januari 1756 dan meninggal di Wina, Austria, 5 Desember 1791 pada umur 35 tahun. Ia adalah seorang komponis musik klasik Eropa yang terpenting dan paling terkenal dalam sejarah musik dunia.

Mozart diyakini sudah mulai berkarya sejak usia tujuh atau delapan tahun. Ini hasil dari temuan dua karya Mozart pada 2009 lalu. Kini, sebuah karya Mozart, yang diyakini ditulis tangan ketika dia berusia sekitar 10 tahun, ditemukan di Austria. Karya yang diperkirakan ditulis pada tahun 1767 atau 1768 itu ditemukan di dalam sebuah buku catatan di atas loteng.

Seperti dilansir BBCNews, Sabtu, 24 Maret 2012, peneliti baru-baru ini berkeyakinan ada bukti kuat bahwa Allegro Molto adalah komposisi karya Mozart. Komposisi itu ditulis dalam sebuah buku catatan atas nama Del Signore Giovane Wolfgango Mozart.

Ahli musik Hildegard Herrmann-Schneider mengatakan, hanya Leopold Mozart yang menggunakan nama tersebut ketika menuliskan nama anak lelakinya. Sejarawan Yayasan Salzburg' Mozarteum meyakini bahwa tulisan itu dimiliki oleh komposer yang sedang berkembang.

Buku catatan berhalaman 160 yang tertanggal tahun 1780 itu juga berisi banyak karya musik yang ditulis oleh ayah Mozart. Seorang musisi Florian Birsak mencoba memainkan karya Mozart selama empat menit di rumah masa kecil Mozart dengan piano aslinya. ''Ini bukan karya orang biasa, sudah ada sentuhan Mozart yang membuatnya menjadi luar biasa,'' ujar Birsak.

( d kencana d)

0 comments :

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons