meringankan bacaan berat

Monday, 26 March 2012

Gampang Flu? Mungkin Gen Anda Ada yang Cacat

Flu/ilustrasi (foto: finroll.com)
Dalam sebulan bisa saja seseorang terkena flu berkali-kali. Lantas mengapa ada orang lebih gampang terkena flu dibanding yang lain? 

Pertanyaan ini agaknya akan segera terjawab. Pasalnya, sekelompok ilmuwan dari Inggris dan Amerika Serikat telah mengidentifikasi gen cacat yang mungkin bisa menjelaskan mengapa seseorang lebih gampang terkena flu dibanding orang lain.

Dalam edisi terbaru jurnal kesehatan Nature, akhir Maret 2012 ini, para ilmuwan menulis bahwa varian gen IFITM3 yang cacat lebih sering ditemukan pada orang yang dirawat di rumah sakit karena sakit flu. Gen ini mengendalikan protein yang tidak terbentuk dengan sempurna, yang membuat sel lebih rentan dengan infeksi virus.

Para ilmuwan menemukan bahwa sampel tikus yang memiliki gen IFITM3 lebih berdaya tahan dari serangan flu ketimbang tikus yang diambil gen IFITM3nya. Mereka juga mengumpulkan contoh gen dari 53 pasien rumah sakit yang dirawat karena flu. Tiga di antaranya ternyata mempunyai varian yang cacat, atau jika dipukul rata satu untuk setiap 20 orang.

Sementara, bukti dari sumber data gen yang meliputi ribuan orang menunjukkan cacat gen terjadi pada satu dari setiap 400 orang. Namun para ilmuwan mengakui temuan mereka masih harus dibuktikan dalam skala yang lebih luas. Mereka juga menambahkan, temuan tersebut kemungkinan hanya satu dari begitu banyak teka teki yang menentukan reaksi yang bermacam-macam dari orang terhadap serangan flu.

(d kencana d/ jedadulu.com)

0 comments :

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons