meringankan bacaan berat

Friday, 23 March 2012

Taman Kota Tomang: the Hidden Park in Jakarta

Salah satu sudut Tamang Kota Tomang (foto: jedadulu.com)

Liburan Murah Meriah di Jakarta dan Sekitarnya

Liburan sekolah akhir tahun adalah waktu yang ditunggu anak-anak untuk bermain bersama, jalan-jalan, atau bercengkerama bersama keluarga. Ini pula yang diminta anak-anak akhir tahun 2011 lalu.

Minggu pagi itu, kami sempat bingung menentukan pilihan. Apakah jalan-jalan ke Tugu Monas dengan menyewa delman yang biasa lewat di sekitar Jakarta Barat. Atau pergi ke mal-mal yang bertebaran di sekitar rumah kami, seperti Slipi Jaya, Taman Anggrek, Central Park, Citraland, ataupun Senayan City.

Tapi mal baru buka sekitar pukul 09.00, terlalu siang. Apalagi anak-anak sudah mulai bosan dengan suasana mal (bagi kami itu kabar menyenangkan, karena sekali jalan ke mal ratusan ribu rupiah pasti melayang he he he...pemborosan).

Sempat terlintas untuk mencari tempat-tempat yang segar dan penuh pepohonan, misalnya dengan pergi ke Puncak atau Kebun Raya Bogor. Tapi niat itu terpaksa dibuang jauh-jauh. Alasannya, terlalu jauh dan pasti macet, belum lagi butuh dana yang tak sedikit (maklum saat itu tanggal tua dan dana sudah banyak terpakai saat Lebaran...nasib karyawan rendahan hehehe curcol).

Pilihan liburan kali ini adalah yang terdekat, murah, segar, dan hijau. Memangnya ada? Ternyata ada lho. Malu juga lokasinya dekat rumah, kami sering melewatinya tapi kurang memerhatikannya: Taman Kota Tomang.


Warga berjalan-jalan menikmati suasanan sore di Taman ASEAN atau lebih dikenal dengan Taman Kota Tomang, Jakarta Barat. Awalnya daerah tersebut merupakan lahan kosong yang dipenuhi permukiman liar. (foto: kompas/priyombodo)

Sepertinya belum banyak yang tahu tempat ini, termasuk kami. Kebetulan pintu masuknya juga agak tersembunyi. Wajar bila pengunjungnya tak banyak sekitar 15 orang. Padahal itu hari Minggu.

Tak sulit untuk menuju Taman Kota Tomang, yang berada tepat di Simpang Tomang, Jalan S Parman. Jika dari arah Mal Slipi Jaya, sekitar 500 meter atau setelah belokan ke kantor DPP Golkar. Posisinya di sebelah kiri. Sebelum Mal Taman Anggrek.

Taman di sana pun tertata rapi. Ada bangku-bangku untuk bersantai, jogging track, area bermain. Plus ratusan pepohonan yang rindang. Belum lagi kolam di tengah-tengah taman, yang sayang kurang terawat.



Asyik juga untuk bermain sepeda (foto: jedadulu.com)
Lantas berapa tarif masuk ke taman ini? Tak ada biaya alias gratis. Mungkin biaya hanya untuk parkir motor atau mobil. Tapi pada saat kami ke sana, tak ada pungutan untuk parkir.

Bagus lagi kalau ke sana sambil membawa makanan dan minuman ringan (tapi jangan buang sampah sembarangan ya). Menikmati pemandangan taman sambil menyantap makanan di tengah pepohonan rindang yang sejuk tentu tak terpikirkan bahwa pengunjung sedang berada di salah satu sudut pusat Jakarta.


(foto: javamilk.com, facebook.com)


Tapi, saat melihat ke sisi timur atas, pasti siapapun akan sadar sedang berada di Jakarta. Apartemen menjulang di Taman Anggrek, dan jalan layang ke arah Grogol akan menyadarkan siapa saja bahwa ini adalah salah satu taman di pusat kota.

(d kencana d)

5 comments :

Agunx Agoenx said...

Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

Tentang Indahnya INDONESIA

www.jelajah-nesia.blogspot.com

Tentang Marah said...

Jakarta, banyak tempat rekreasi ya gan. beda banget sama Banjarmasin. terbatas.hehe
Bekunjung jg ya di blog ane

maryatul qibtiyah said...

bisa dijelasin gak alamat detailnya ?
Mungkin aku mau ke sana juga :)
kirim via email yaa di marya.dwi12@gmail.com
atau berkunjung ke blog ku di http://duadua-juli.blogspot.com

Bulan said...

Mas, sudah lama ingin masuk ke taman ini cuma bingung masuknya lewat mana. Parkir mobilnya dmn ya?

Admin said...

Mbak Bulan, masuknya dari mal slipi jaya jalan terus aja nanti ketemu pertigaan yang ke kiri ke arah kantor dpp golkar, jgn belok kiri, lurus dikit aja sekitar 10 meter dari pertigaan adalah gerbang taman, kalo parkir di dalam mbak, mobil muat banyak di situ, salam

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons