meringankan bacaan berat

Tuesday, 17 April 2012

Bila Barcelona tanpa Gelar Musim Ini

Messi sedih

Empat tahun terakhir klub raksasa Spanyol, Barcelona, begitu mendominasi, baik di La Liga Spanyol, maupun Eropa, bahkan di dunia. Sangat sulit atau jarang bagi siapa saja menyaksikan Barca menelan kekalahan, apalagi dengan skor telak. Kini, banyak yang mulai bosan dengan dominannya tiki-taka ala Barca yang kerap memenangkan laga.

Tapi, Barca tentu bukan klub dari planet lain yang tak terkalahkan. Bisa jadi melihat ketatnya jadwal, La Blaugrana akan mengakhiri musim tanpa gelar.

Memang, Barca masih melaju di semifinal Liga Champions dan akan menghadapi Chelsea, Rabu 18 April ini. Tapi, Chelsea tak akan mudah ditaklukkan. Apalagi, hanya ada satu misi the Blues menyambut laga kontra Barcelona; balas dendam! Ingat pada semifinal 2009 lalu, secara menyakitkan Chelsea tersingkir, setelah kalah produktivitas gol tandang, imbang 0-0 di Camp Nou, dan tertahan 1-1 di Stamford Brigde.

Apalagi, Chelsea kini memiliki dua penggawa asal Spanyol, Juan Mata dan Fernando Torres, yang sedikit banyak memahami karakter permainan Barca.

Di La Liga, Barca juga tertinggal empat poin dari seteru abadinya, Real Madrid. Laga el clasico, 23 April nanti akan menjadi penentuan, apakah Barca sanggup mempertahankan gelar atau tidak. Tapi bagi Madrid, inilah kesempatan untuk mengakhiri dominasi Barca. Apalagi pelatih Madrid Jose Mourinho dan sang bintang Cristiano Ronaldo tak puas dengan pencapaian musim lalu yang hanya meraih trofi Copa del Rey. Mereka tentu akan berupaya keras untuk merebut trofi La Liga dari Barca.

Di Copa del Rey, Barca memang lolos ke final, pada 25 Mei nanti. Tapi, ingat sang lawan adalah Athletic Bilbao yang sedang dalam grafik naik. Bilbao hingga kini juga masih bertahan di semifinal Liga Eropa. Belum lagi ketajaman bomber timnas Spanyol, Fernando Llorente yang terus terasah. Tak mudah bagi Barca untuk menang.

Jika Barca gagal meraih trofi musim ini, tentu ini akan menjadi kejutan besar di tahun 2012. Lantas apa dampaknya? Mantan pelatih dan presiden kehormatan Barcelona Johan Crruyff mengatakan, Pep Guardiola akan mundur sebagai pelatih Barca jika gagal total.

"Guardiola telah bekerja sangat keras dalam beberapa tahun terakhir, jadi saya tak akan heran jika ia akan mundur usai akhir musim nanti, terlepas dari menang atau kalah," ujar Cruyff kepada La Gazzetta dello Sport.

Tak hanya itu, keengganan Guardiola untuk dikontrak secara jangka panjang, juga bisa menjadi alasan sang pelatih untuk sewaktu-waktu mundur.

Selain itu, bintang Barca, Lionel Messi, yang tiga tahun terakhir meraih penghargaan pemain terbaik dunia, dipastikan akan gagal mempertahankan gelar tersebut. Jika Ronaldo bersinar juga di timnas Portugal dalam perhelatan Piala Eropa 2012, Juni nanti, bukan mustahil gelar akan berpindah tangan. Tapi, ini hanya spekulasi, dan tentu sangat diharapkan oleh orang-orang yang bosan dengan dominasi Barca.

(d kencana d/jedadulu.com)

0 comments :

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons