meringankan bacaan berat

Wednesday, 4 April 2012

Jeda Waktu Istirahat 15 Menit di Sepak Bola Demi Kepentingan Iklan TV?

Wasit usai memimpin pertandingan (foto: persianfootball.com)
Bayangkan jika seorang  pemain sepak bola harus tampil sepanjang 90 menit pertandingan tanpa jeda istirahat? Tentu, kemungkinan cedera bakal menghantui mereka.

Karena itu, lama pertandingan sepak bola normal adalah 2 × 45  menit (90 menit), ditambah istirahat selama 15 menit di antara kedua babak.  Sesuai  aturan Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA Laws of The Game) 2011/2012, peraturan kompetisi harus menyatakan jangka waktu istirahat usai babak pertama. Waktu istirahat harus tidak lebih dari 15 menit. Tapi, lamanya waktu istirahat dapat diubah hanya dengan persetujuan wasit.

Sebelumnya, FIFA yang berdiri pada 1904 memutusakan waktu istirahat dalam pertandingan sepak bola adalah 10 menit.  Namun beberapa tahun kemudian ditambah menjadi  15 menit .

Tapi pada 2010 lalu, FIFA pernah  berencana untuk memperpanjang waktu istirahat dari 15 menjadi 20 menit.  Proposal penambahan waktu istirahat ini sudah disebarkan oleh FIFA. Organisasi tertinggi sepak bola dunia ini beralasan, mereka memikirkan para pemain dan wasit yang tidak punya cukup waktu istirahat pada beberapa stadion setelah berjalan menuju ruang ganti.

Namun demikian, selain pemain dan wasit, banyak pihak menduga sponsor menjadi alasan utama di balik keluarnya usulan ini. Analis sponsorship telah melakukan perhitungan pada iklan yang ditayangkan di televisi. Setidaknya televisi mendapat 300 ribu pounds atau sekitar Rp 4,8 miliar untuk iklan berdurasi satu menit. Harga ini meningkat menjadi 1 juta pounds atau sekitar Rp 16 miliar jika yang bermain timnas Inggris.

Tak heran jika FIFA begitu berniat mewujudkan tambahan lima menit waktu istirahat ini. Tapi, tentu saja rencana FIFA ini mendapat penolakan dari sejumlah pihak karena dinilai kian mengkomersialisasikan sepak bola. Hingga kini jeda istirahat di pertandingan sepak bola pun masih tetap 15 menit.

(d kencana d/jedadulu.com)

0 comments :

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons