meringankan bacaan berat

Wednesday, 25 April 2012

Messi tak Sebanding dengan Maradona

Maradona (kanan) dan Lionel Messi (foto: guardian.co.uk)

Lionel Messi kerap dibandingkan dengan legenda sepak bola senegaranya di Argentina, Diego Maradona. Tak hanya postur tubuh yang mirip, skill Messi dalam mengolah si kulit bundar memang menyerupai Maradona.

Tapi Messi selalu menganggap ia belum bisa dibandingkan dengan pendahulunya itu. "Untuk menjadi legenda, Anda harus menang Piala Dunia," ujar Messi kepada El Mundo, belum lama ini.

Jika Messi melempem di Piala Dunia, sebaliknya, Maradona adalah tokoh sentral kemenangan Argentina pada Piala Dunia 1986. Bek Manchester United Rio Ferdinand pun mengakui, Maradona masih berada di atas Messi.

Ferdinand meyakini Maradona dituntut bermain dengan lebih baik daripada bintang Barcelona itu. Maradona, kata dia masih tetap nomor satu di dunia. Di Napoli, Maradona membawa tim medioker asal Italia itu menjadi juara Seri A Liga Italia dan Piala UEFA (kini Liga Eropa).

Sementara, Messi berada dalam tim yang memiliki pemain terbaik nomor dua dan tiga di dunia yaitu Xavi Hernandez dan Andres Iniesta. Messi sering mendapatkan bantuan. Bahkan setelah Xavi dan Iniesta, masih ada Sergio Busquets, Cesc Fabregas, Alexis Sanchez, dan David Villa. Pemain-pemain itu juga dapat masuk ke tim mana saja. "Hal lain yang saya katakan tentang Maradona adalah Anda harus ingat bahwa dia bermain di era di mana Anda dapat menabrak pemain dengan keras. Sekarang pemain lebih dilindungi," kata Ferdinand.

Tak hanya itu, Messi sejak junior sudah bermain bersama-sama dengan rekan-rekannya di Barcelona saat ini. Mereka dulunya berlatih di akademi milik Barca, La Masia. Tentu hampir sebagian besar pemain Barca saat ini mengenal karakter permainan Messi.

Ini jelas berbeda dengan Maradona yang pernah membela Boca Juniors, Barcelona, dan Napoli. Atau bahkan Cristiano Ronaldo sekalipun. Ronaldo terbukti sukses beradaptasi dengan beberapa klub seperti Sporting Lisbon, Manchester United, dan Real Madrid.

Nah jika Messi ingin menyamai Maradona, ia tentu harus mengantar timnas Argentina meraih trofi Piala Dunia. Tak hanya itu, ia harus rela meninggalkan Barcelona untuk membela klub gurem, seperti Real Zaragoza atau Sporting Gijoan dan kemudian mengangkat tim itu menjadi juara. Sanggupkah Messi?

(d kencana d/jedadulu.com)

0 comments :

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons