meringankan bacaan berat

Thursday, 24 May 2012

Kekalahan Tim Thomas, Sesuatu yang Luar Biasa


Publik Indonesia mungkin sudah terbiasa dengan kekalahan yang menimpa timnas sepak bola Merah Putih. Namun, kekalahan dan kegagalan tim bulu tangkis Indonesia tentu sesuatu yang bisa dibilang luar biasa.

Indonesia untuk pertama kalinya dalam sejarah tersingkir di perempat final Piala Thomas di Wuhan, Cina Rabu (23/5) lalu. Tim Indonesia takluk dari tim bukan favorit juara, Jepang, dengan skor 2-3. Tim Uber pun menyerah dengan skor sama dengan tim yang sama pula, Jepang.

Padahal, dalam sejarah Piala Thomas yang dimulai tahun 1949, Indonesia memegang rekor juara terbanyak dengan menggenggam 13 kali juara. Candra Wijaya, mantan atlet bulu tangkis Indonesia, menyatakan dirinya ikut prihatin dengan kekalahan tim Indonesia di perempat final Piala Thomas. "Saya merasakan yang mereka rasakan. Rasanya harga diri pun ikut terinjak," kata Candra, Kamis (24/5).

Lelaki yang tumbuh di keluarga pemain bulu tangkis ini tak pernah mengira Indonesia akan dikalahkan Jepang. Sebelumnya, ia memprediksi Indonesia pasti menang melawan Jepang dengan skor 4-1 atau 3-2.

Walaupun perkiraannya meleset, Candra menyatakan bahwa Indonesia harus arif menyikapi kegagalan tim yang berlaga di Piala Thomas. "Harus ditelaah, dievaluasi, dan secara konkret harus berani berbenah di semua kekurangan," jelasnya. "Jangan sampai mengkambinghitamkan seseorang.''

Candra tentu tak salah. Pembenahan memang harus segera dilakukan. Terutama untuk lebih selektif dalam menyaring bibit-bibit bulu tangkis terbaik di Tanah Air. Indonesia sebaiknya juga memberikan kesempatan lebih luas kepada para pemain junior agar tak ada lagi kesenjangan kualitas antara pemain junior dan senior.

(ali)

2 comments :

asaz said...

dapat membawa tropy Thomas dan Uber hanya mimpi..

Anonymous said...

pemain Ina saat ini tidak bermental juara, mental kerupuk semuaa..., contoh tuh pemain jepang yang agresif, semangat dan pantang menyerah..

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons