meringankan bacaan berat

Wednesday, 2 May 2012

Ronaldo dan Messi Tukar Nasib di Spanyol Musim ini

Cristiano Ronaldo (kiri) dan Lionel Messi

Dua pemain yang disebut-sebut sebagai pemain terbaik dunia saat ini, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, seakan sedang bertukar nasib. Bagaimana tidak, apa yang dialami salah satu pemain itu di musim lalu kemungkinan akan dialami juga oleh yang lainnya pada musim ini.

Musim lalu, 2010/2011, Messi mengantar Barcelona menjuarai La Liga Spanyol, sementara gelar el pichichi alias top skorer direbut Ronaldo. CR7, julukan Ronaldo, mencetak 40 gol, sementara Messi hanya 32 gol. Madrid yang dibela CR7 juga hanya meraih trofi Cope Del Rey.

Musim ini berbalik, Madrid sudah memastikan merebut gelar juara La Liga dengan menyisakan dua pertandingan lagi. "Ini kegembiraan yang luar biasa. Ini titel Liga Spanyol pertama saya dan saya sangat senang," ujar Ronaldo usai mengantar Madrid menang 3-0 atas Athletic Bilbao, dalam laman resmi klub, Rabu (2/5).

Tiga poin dari kandang Bilbao tersebut memastikan Madrid jadi juara La Liga musim 2011/2012 ini. Mengumpulkan 94 poin, El Real tak mungkin terkejar Barcelona yang terpaut tujuh poin sementara kompetisi tinggal menyisakan dua pertandingan.

Tapi gelar el pichichi untuk sementara menjadi milik Messi dengan raihan 46 gol, sementara Ronaldo baru mengoleksi 44 gol. Tapi, tentu persaingan perebutan gelar top skorer masih terbuka karena menyisakan dua laga.

Tak hanya itu, bersama Barca musim ini, Messi kemungkinan akan meraih satu gelar Copa Del Rey, sama seperti Ronaldo musim lalu. Yang menjadi pembeda adalah Barca musim lalu meraih gelar juara Liga Champions, sementara musim ini Madrid hanya sampai semifinal di Liga Champions.

Meski untuk sementara kalah dua gol dari Messi, CR7 layak berbangga. Ini karena Ronaldo telah mencetak 22 gol di laga tandang sepanjang musim ini. Jumlah tersebut mencatatkan rekor baru di La Liga. Kecuali Barcelona dan Madrid, bahkan tak ada satupun klub yang bisa mencetak 22 gol di laga away musim ini.

Tapi seakan tak mau kalah, hattrick yang diciptakan Messi ke gawang Malaga, saat Barca menang 4-1, Rabu (2/5), menjadikannya sebagai pemain paling subur dalam satu musim kompetisi di Eropa. Messi berhasil mematahkan rekor bomber Bayern Muenchen, Gerd Muller. Rekor Muller bertahan hampir 40 tahun dengan keberhasilan 67 kali membobol gawang lawan selama musim 1972/73.

Total 69 gol yang sudah disarangkan Messi sepanjang musim ini terdiri dari 46 gol La Liga, 14 di Liga Champions, tiga di Piala Super Spanyol, dua di Copa Del Rey, dua di Piala Dunia Antarklub, dan satu di Piala Super Eropa. Messi berpeluang mempertajam rekor tersebut karena Barcelona menyisakan tiga pertandingan lagi.

Nah, yang layak ditunggu adalah awal tahun depan, apakah gelar pemain terbaik dunia yang selama tiga tahun terakhir menjadi milik Messi akan tetap bertahan atau justru pindah tangan ke Ronaldo. Ronaldo pernah menggenggam gelar itu pada musim 2008/2009, sebelum akhirnya direbut Messi.

(d kencana d/jedadulu.com)

1 comments :

Boedak Kidul said...

Dua-duanya yang jelas pada Kejar Setoran Brayy...hehe.

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons