meringankan bacaan berat

Wednesday, 13 June 2012

Gol Tercepat di Piala Eropa 2012

Jiracek (foto: skysports.com)

WROCLAW--Petr Jiracek untuk sementara tercatat sebagai pencetak gol tercepat di Piala Eropa 2012. Gol gelandang Republik Ceska ini ke gawang Yunani mampu mematahkan catatan waktu gol pemain Kroasia, Mario Mandzukic.

Sebelumnya dalam laga di Grup C, Mandzukic mampu mencetak gol dalam waktu 2 menit 38 detik ke gawang Republik Irlandia. Catatan waktunya mampu dipatahkan Jiracek yang mencetak gol pembuka Ceska ke gawang Yunani, Selasa (12/6), saat laga berlangsung 2 menit 14 detik. Jiracek berhasil mencetak gol lebih cepat 24 detik dibanding Mandzukic. Untuk sementara, ia memegang rekor gol tercepat di Piala Eropa 2012.

Bukan hanya itu, gol Jiracek juga tercatat sebagai yang tercepat ketiga sepanjang sejarah Piala Eropa. Ia menyamai torehan waktu strker skuat Inggris, Alan Shearer di babak semifinal Piala Eropa 1996. Saat itu, Shearer mencetak gol ke gawang Andreas Kopke saat laga baru berlangsung 2,14 menit. Sayangnya gol cepat Shearer tak mampu membuat Inggris menang. Jerman berhasil lolos ke babak final setelah menyamakan kedudukan 1-1 dan menang di babak adu penalti 6-5.

Rekor gol tercepat Piala Eropa masih dipegang Dmitri Kirichenko. Pemain skuat Rusia ini mampu mencetak gol ke gawang Yunani saat laga baru berlangsung 67 detik di fase grup Piala Eropa 2004. Di tempat kedua ada pemain Uni Soviet, Sergei Aleinikov, yang mencetak gol ke gawang Inggris di Piala Eropa 1988. Saat itu Aleinikov mampu mencetak gol dengan waktu 2 menit tujuh detik.

(ali)

0 comments :

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons