meringankan bacaan berat

Wednesday, 19 September 2012

Mobil Murah Bakal Banjiri IIMS 2012


Tata Nano Lx

Perhelatan Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 20 hingga 30 September nanti bakal menjadi debut mobil murah. Toyota misalnya, akan meluncurkan mobil Ayla dan Daihatsu meluncurkan Agya guna memenuhi regulasi pemerintah soal mobil murah dan ramah lingkungan.

Pabrik Daihatsu di Indonesia, yakni PT Astra Daihatsu Motor, akan memasok Agya ke Toyota. Di Indonesia, pemasaran Toyota diageni oleh PT Toyota Astra Motor. Astra Daihatsu dan Toyota Astra merupakan anak perusahaan PT Astra International Tbk.

Dalam keterangan resmi yang disampaikan manajemen Daihatsu Motor Co, diungkapkan bahwa pengembangan Agya dan Ayla sama-sama dilakukan pabrik Astra Daihatsu yang baru, yakni di kawasan industri Suryacipta, Karawang, Jawa Barat. Harganya? Diperkirakan ada di kisaran Rp 90 juta.

Toyota Agya


Di lain pihak, selain memastikan akan menampilkan mobil termurah sejagad, Tata Motor Indonesia pada gelaran IIMS 2012 juga akan memberikan kesempatan pada para pengunjung pameran untuk test drive Tata Nano.

Dengan kapasitas angkut empat penumpang, Tata Nano yang masih diproduksi di India, menyimpan tenaga sebesar 38 ps dengan torsi maksimal 48 Nm, dari mesin dua silinder berkapasitas 642cc.

Di India, Tata Motors membanderol Tata Nano untuk tipe termurah pada kisaran harga Rp 24,5 jutaan dan tipe tertingginya dibanderol seharga Rp 34,3 jutaan. Di Indonesia? Harganya diperkirakan antara Rp 40 hingga Rp 80 juta.

Mitsubishi tak mau ketinggalan. Pabrikan asal Jepang ini meluncurkan Mirage. Citycar yang diimpor utuh dari pabrik keduanya di Thailand itu memiliki harga Rp 139 juta untuk versi terendah.

Suzuki Sales Mobil (SIS) selaku agen pemegang merek Suzuki di Indonesia juga mengaku siap mengikuti program mobil murah atau low cost and green car (LCGC). Sebelumnya Suzuki telah memperkenalkan dua model yang ditenggarai menjadi calon mobil murah di Indonesia. Kedua model itu adalah jenis city car, yakni Suzuki ALto dan Concept-G.

Suzuki Alto memang telah dirilis di India dengan banderol sekitar Rp 46 juta. Mobil yang diklaim hanya membutuhkan bensin 19,73 km/liter dipersenjatai mesin berkapasitas 796 cc bertenaga 47 hp pada 6.200 rpm, serta torsi 62 Nm pada 3.000 rpm.

Sedangkan Suzuki Concept-G telah hadir dalam bentuk konsep di IIMS 2011. Mobil kecil memang mengambil basis dari Suzuki Alto versi Jepang. Concept-G menggunakan mesin 680 cc. Jika kelak diproduksi massal mobil ini akan dibanderol di bawah Rp 100 juta.

(dinar)

1 comments :

krisna andrean said...

terima kasih untuk informasi Mobil Baru Murah nya

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons