meringankan bacaan berat

Wednesday, 12 December 2012

Rekor Pencetak Gol Terbanyak Setahun Bukan Milik Messi?

Chitalu
Lionel Messi boleh berbangga karena telah mematahkan rekor Gerrard Muller sebagai pencetak gol terbanyak dalam setahun. Namun, tak banyak yang tahu, sebenarnya rekor striker Barcelona itu tak ada apa-apanya dibandingkan pemain asal Zambia, Godfrey Chitalu.

Seperti dilansir Yahoosport, Rabu (12/12) Federasi Sepak Bola (FA) Zambia mengklaim Chitalu justru melampaui rekor Messi dan Muller. FA Zambia mengklaim, pemain berjuluk Ucar tersebut pernah mencetak 107 gol dalam setahun bagi klubnya, Kitwe United.

Prestasi tersebut ditorehkannya pada 1972 atau pada tahun yang sama dengan Muller. Pada saat itu, Muller hanya mampu mencetak 85 gol selama setahun. Berkat torehan prestasi itu, FIFA sempat mengganjar penghargaan khusus kepada Ucar.

Lionel Messi


Namun, sepertinya keberuntungan lebih berpihak ke pemain legendaris asal Jerman tersebut. Muller lebih diakui di seluruh dunia sedangkan Chitalu hanya diakui di negaranya. Alhasil, rekor Muller pun bertahan hingga 40 tahun sebelum dipatahkan oleh Messi.

Seusai pensiun dari dunia sepak bola, Chitalu sempat menjadi pelatih tim nasional Zambia. Namun, untung tak dapat diraih, pada 1993, Ucar tewas secara tragis dalam sebuah kecelakaan pesawat. Peristiwa ini pun turut menyapuratakan seluruh generasi terbaik sepak bola Zambia.

Kini, FA Zambia berusaha agar dunia mengakui prestasi Chitalu. Mereka pun membawa arsip dan dokumen yang mencatat rekor 107 gol Chitalu.

0 comments :

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons