meringankan bacaan berat

Tuesday, 25 February 2014

Persiapan yang Benar untuk Manfaat Maksimal Saat Berolahraga

foto: antara

Tahun ini, memasuki ke-11 kalinya POCARI SWEAT Conference diadakan di Indonesia. Melalui POCARI SWEAT Conference 2014 ini, POCARI SWEAT ingin memberikan informasi mengenai pelaksanaan olahraga yang baik dan benar untuk mendukung gaya hidup sehat yang saat ini semakin populer di kalangan masyarakat.

Hadir dalam acara ini dr. Ermita Ilyas, MS. AIFO. (Dokter Kesehatan dan Ahli Fisiologi Olahraga), Widya Palupi (Head of Scientific and Costumer Care PT AIO), dan Ninit Yunita (Pelari dan Anggota Indorunners Community) dan membicarakan pentingnya untuk menjaga kebugaran tubuh, menerapkan gaya hidup yang sehat, dan juga terus rutin berolahraga dan beraktifitas fisik.

“Olahraga aerobik yang dilakukan minimal 45 menit dapat menurunkan berat badan, sedangkan latihan beban yang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otot tidak dilakukan untuk menurunkan berat badan tetapi dapat dilakukan untuk meningkatkan tonus atau kekencangan otot. Rutin berolahraga telah terbukti dapat memberikan berbagai manfaat antara lain meningkatkan daya tahan jantung, menurunkan berat badan, dan mengurangi resiko terkena penyakit kronik dan penyakit degeneratif yang merupakan penyebab kematian yang paling menonjol.” Kata Dr. Ermita I. Ilyas, Ms, AIFO.

Salah satu jenis olahraga aerobik yang populer dan semakin sering digandrungi oleh banyak orang adalah lari. Namun banyak yang mengikuti kompetisi lari hanya dengan tujuan bersenang-senang karena terpancing oleh tren dan juga ajakan dari teman sehingga hanya sedikit yang memperhatikan persiapan yang benar untuk mengikuti kompetisi tersebut.

“Edukasi merupakan hal yang penting, walau lari merupakan olahraga yang dianggap paling mudah dan sederhana, banyak yang akhirnya tidak menganggap serius persiapan yang benar dan juga tidak menyadari risiko yang dapat terjadi apabila melakukan olahraga tersebut secara tidak benar, terutama saat mengikuti acara lari berjarak jauh seperti marathon. Oleh karena itu sangat diperlukan edukasi agar manfaat olahraga yang didapatkan sesuai dengan tujuannya.” jelas Dr. Ermita.

0 comments :

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons