meringankan bacaan berat

Tuesday, 27 January 2015

Berkunjung ke Monumen Perjuangan Rakyat di Bandung



Masih di sekitar daerah Gedung Sate Bandung, Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat berdiri. Lokasinya tepat berhadapan dengan Gedung Sate dan kampus Universitas Padjajaran di Jaln Dipati Ukur No 48. Monumen yang lebih dikenal dengan nama Monju ini berdiri di atas tanah seluas ± 72.040 m² dan luas bangunan ± 2.143 m².

Monju merupakan monumen perjuangan yang merekam jejak perjuangan rakyat Jawa Barat. Di dalamnya terdapat 7 buah koleksi diorama yaitu perjuangan Sultan Agung Tirtayasa, partisipasi rakyat dalam pembangunan jalan di Sumedang, Perundingan Linggarjati 1946, Bandung lautan api, Long March Siliwangi Januari 1949, Konferensi Asia Afrika 1955, dan Operasi Brata Yuda 1962. 

Di samping itu terdapat relief pada bagian dinding depan Monju. Relief ini menceritakan sejarah perjuangan rakyat Jawa Barat  mulai dari masa kerajaan, masa pergerakan, masa kemerdekaan, dan masa mempertahankan kemerdekaan dalam melawan penjajahan baik Belanda, Inggris, dan Jepang. 

Selain itu Monju dilengkapi pula oleh ruang audiovisual, dan ruang perpustakaan yang digunakan sebagai sarana dalam memberikan informasi sejarah perjuangan rakyat Jawa Barat bagi pengunjung. Monju juga mempunyai halaman yang luas, mushola, dan toilet yang nyaman untuk memberikan pelayanan bagi pengunjung.

Banyak aktivitas yang sering dilakukan di monumen ini. Selain sebagai titik masa untuk berkumpul sebelum dan sesudah aksi dalam berbagai isu tuntutan. Di monumen ini sering pula diadakan acara-acara hiburan. Bila sore hari, pada setiap harinya di sekitar monumen ini selalu ada atraksi motor dan tak ketinggalan balap motor juga sering diadakan. Aktivitas lain yang kebanyakan dilakukan oleh kaum muda ini adalah bermain skateboard, latihan marching band, latihan menari, dan sepak bola. 

0 comments :

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons