meringankan bacaan berat

Monday, 26 January 2015

Liburan Asyik, Gunung Kunci di Sumedang


Kota Sumedang telah lama terkenal dengan keindahan alamnya hingga banyak menarik wisatawan untuk berkunjung ke sana. Salah satu wisata alam yang menarik dikunjungi adalah Gunung Kunci. Pasalnya, berwisata ke Gunung Kunci tak hanya berwisata alam saja, tapi sekaligus berwisata sejarah.

Gunung Kunci adalah bukit kecil yang terletak sekitar 250 meter sebelah barat alun alun kota Sumedang. Diapit oleh dua buah jalan sehingga sangat mudah dijangkau dengan kendaraan umum maupun pribadi. Di sekitar situs Gunung Kunci merupakan pemukiman warga dan di sebelah barat terdapat Gunung Palasari.

Bukit yang banyak ditumbuhi  pohon pinus ini menyimpan muatan  arkeologis yang penting. Yaitu benteng kunci yang dibangun pada masa kolonial Belanda. Benteng dan Goa di yang dibangun pada tahun 1914 ini adalah tempat persembunyian para tentara Belanda.  Goa Kunci  dipenuhi oleh lorong dan bunker yang luasnya mencapai 450 meter persegi.

Gunung kunci sendiri hanya berjarak 45 km dari kota Bandung. Letaknya yang tak jauh dari pusat kota membuatnya sangat mudah dicapai. Baik dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Dari arah Bandung bisa menggunakan bis apapun dengan tujuan Sumedang atau Cirebon, turun di dekat alun alun Sumedang yang bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki. Karena jaraknya dekat dengan alun alun kota Sumedang.


Gunung Kunci
Lokasi : Kota Kulon Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang

0 comments :

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons