meringankan bacaan berat

Saturday, 31 January 2015

Liburan Asyik, Museum Prabu Geusan Ulun di Sumedang


Bagi siapapun yang ingin lebih mengenal Kabupaten Sumedang yang cantik, datanglah ke Museum Prabu Geusan Ulun. Cerita sejarah mengenai kota Sumedang tersaji lengkap di museum ini. 

Museum Prabu Geusan Ulun berlokasi di pusat kota Sumedang. Tepatnya di dalam Komplek pendopo kantor bupati Sumedang. Komplek seluas 1,8 ha ini berdiri semenjak Sumedang lahir pada tahun 1705 hingga sekarang. 

 Museum ini terdiri dari enam bangunan di mana setiap bangunan memiliki tema sendiri sesuai benda yang tersimpan di dalamnya. Dulunya bangunan bangunan ini merupakan rumah tinggal bupati dan kerabat kerabat bupati. Namun sekarang bangunan bangunan ini digunakan sebagai tempat menyimpan benda bersejarah. 

Gedung- gedung itu antara lain gedung Srimanganti didirikan pada tahun 1706. Gedung Bumi Kaler pada tahun 1850, Gedung Pusaka tahun 1997. Gedung gendang tahun 1850. Gedung Gamelan 1973. Gedung kereta tahun 1990. 

Gedung-gedung itu menyimpan cerita seperti siapa saja bupati yang pernah memimpin Sumedang sejak zaman Belanda dulu. Naskah naskah kuno, senjata senjata pusaka, alat musik gamelan kuno sampai kereta kereta yang dulu digunakan oleh para bupati.

0 comments :

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons