meringankan bacaan berat

Wednesday, 27 January 2016

Ini Enam Kota Termahal di Indonesia, Kota Anda Masuk?



Indonesia merupakan negara yang memiliki ratusan kota. Setiap kota yang ada di Indonesia selalu memiliki kelebihan sendiri-sendiri. Mulai dari kondisi alamnya, hingga fasiitas dan perekonomian di dalam kota tersebut. Dari banyaknya kota yang ada di Indonesia ini, beberapa di antarnya tercatat sebagai kota termahal di Indonesia.
 
Bagi yang memutuskan untuk merantau dan meninggalkan kota kelahiran, ada baiknya mempertimbangkan biaya hidup di kota yang akan Anda tempati. Entah untuk keperluan studi, bekerja, atau pindah domisili.

Untuk mengetahui besaran biaya hidup, bisa menggunakan patokan Survei Biaya Hidup (SBH) yang dilakukan 5 tahun sekali oleh Badan Pusat Statistik. SBH inilah yang nantinya akan menentukan besaran Indeks Harga Konsumen (IHK).

Berikut Enam kota di Indonesia dengan biaya hidup paling mahal berdasarkan SBH 2012:

1Jakarta

Sudah menjadi rahasia umum jika Jakarta menjadi kota dengan biaya hidup paling tinggi di Indonesia. Sebagai Ibu Kota, Jakarta mempunyai IHK sebesar Rp 7.500.726 per bulan.

2. Jayapura

Kota Jayapura adalah ibu kota provinsi Papua. Kota ini merupakan ibu kota provinsi yang terletak paling timur di Indonesia. Jayapura menempati kota termahal kedua setelah Jakarta dengan IHK Rp 6.939.057 per bulan.

3. Ternate

Kota Ternate adalah salah satu daerah otonom di Indonesia sejak 4 Agustus 2010 dan menjadi ibu kota provinsi sementara Provinsi Maluku Utara. Kota Ternate mempunyai IHK paling tinggi ketiga, yakni Rp 6.427.357 per bulan.

4. Depok

Kota Depok adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat Indonesia. Letaknya yang berdekatan dengan Jakarta, tepatnya di selatan Jakarta, yakni antara Jakarta-Bogor membuat Depok menempati IHK paling tinggi keempat, yaitu Rp 6.330.690 per bulan.

5. Batam

Kota Batam terletak di Provinsi Kepulauan Riau. Wilayah Kota Batam terletak di Pulau Batam yang bersebelahan dengan Negara Singapura. Batam mempunyai IHK sebesar Rp 6.307.136 per bulan. Jumlah tersebut mempunyai selisih sedikit dibanding Depok.

6. Manokwari 

Manokwari adalah ibu kota Provinsi Papua Barat. Manokwari sekaligus menjadi ibu kota Kabupaten Manokwari. Kota dengan pemandangan alam yang menakjubkan ini mempunyai IHK Rp 6.269.296 per bulan.






0 comments :

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons