meringankan bacaan berat

Thursday, 12 January 2017

Robot yang Cocok untuk Orang Tua Kesepian

sumber: dailymail

"Kesepian dan isolasi sosial merupakan buah dari umur yang panjang, dan teknologi telah membuat masalah tersebut lebih buruk dengan membuat orang tua harus mempelajari teknik baru untuk bisa melakukan hal paling sederhana sekalipun." Itulah kata-kata CEO sekaligus pendiri Intuition Robotics, Dor Skuler, yang mendesain robot Elli.Q seperti dilansir Mail Online dari Dailymail, awal Januari 2017.

Orang tua yang sudah memasuki masa pensiun mungkin akan merasa kesepian ketika harus menghabiskan banyak waktu tanpa teman. Dalam waktu dekat, teman pendamping robot akan hadir untuk mencegah para orang tua ini merasa kesepian. Robot bernama Elli.Q yang diperutukkan untuk orang tua ini hadir dengan artificial intelligence yang memungkinkan robot tersebut mempelajari hal-hal apa saja yang disukai oleh pemiliknya.

Robot ini juga akan membantu pemiliknya yang mungkin kurang mengikuti perkembangan teknologi untuk menggunakan sosial media, melakukan video chat hingga bermain permainan daring. "Robot ini mudah untuk diajak bicara, berintuisi dalam beroperasi dan memahami pemiliknya," tutur Skuler.

Menurut Skuler, robot ini juga memiliki banyak cara agar mudah dipahami oleh pemiliknya yang notabenenya merupakan orang tua. Agar mudah dipahami, lanjut dia, Elli.Q bisa menggerakkan tubuh untuk menunjukkan emosi, program percakapan, suara, cahaya dan gambar untuk mengekspresikan diri robot itu sendiri.

Kemampuan artificial intelligence ini juga memungkinkan Elli.Q untuk memahami tingkah laku dan sifat dari pemiliknya. Di sisi lain, robot ini juga akan menyarankan beberapa aktivitas untuk dilakukan oleh pemiliknya seperti membaca buku hingga berkeliling jalan kaki. Aktivitas-aktivitas yang disarankan oleh Elli.Q ditentukan berdasarkan apa yang robot ini pelajari dan juga berdasarkan rekomendasi dari keluarga.

Tak hanya sebagai pendamping untuk menghalau kesepian, Elli.Q juga memiliki kemampuan untuk memantau kesehatan pemiliknya sekaligus memantau lingkungan di sekitar rumah. Intuition Robotics akan memulai fase percobaan Elli.Q di rumah-rumah orang tua di San Francisco Bay Area, Amerika Serikat, pada Februari 2017, bulan depan.

Selain didesain agar mudah dimengerti, Elli.Q juga hadir dengan desain yang elegan. Dengan kemampuan yang luar biasa tersebut, para investor mengklaim Elli.Q sebagai robot pendamping sosial paling canggih di dunia saat ini. Elli.Q saat ini sudah diluncurkan dalam sebuah pameran yang diselenggarakan di The Design Museum di London, Inggris.

0 comments :

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons