Tak Banyak yang Sadar Jika Izuku Midoriya Idap Autis! (Boku No Hero Academia)

Izuku Midoriya (Boku No Hero Academia)
      

Saya tahu sebagai orang autis yang mengidap sindrom Asperger, saya menemukan banyak kesamaan antara Izuku Midoriya dalam manga Boku No Hero Academia dengan diri saya. Dia adalah satu-satunya karakter yang sangat cocok untuk saya karena dia menunjukkan banyak perilaku autis.

Tentunya siapa pun dapat menganggap atau menduga-duga sembarang karakter film ataupun anime sebagai karakter autis. Tetapi di artikel ini saya hanya menguraikan berbagai pendapat dari sudut pandang saya.

Inilah beberapa perilaku yang dilakukan Izuku yang saya anggap sebagai tokoh yang secara tidak langsung digambarkan oleh sang mangaka sebagai tokoh autis! Meskipun mangakanya sendiri tak pernah memberikan konfirmasi terkait hal ini.

1.Minat khusus pada pahlawan

Izuku memiliki minat khusus pada pahlawan, terus-menerus menulis catatan tentang mereka dan menganalisisnya, menyimpan daftar terperinci tentang mereka dan strategi mereka, dan juga memunculkan ide-ide baru tentang mereka.

gambar

(Deskripsi gambar: Tangkapan layar dari anime di mana Izuku mencatat dalam buku analisis pahlawan untuk masa depannya, melihat ke bawah dengan saksama. Di sisi kiri layar, seorang pria melihat dengan antusias dan berkata "Hei tunggu, kamu sedang mencatat? Anda ingin menjadi pahlawan?”)

gambar

(Deskripsi gambar: Gambar notebook Izuku dari anime. Di sisi kiri ada gambar Kamui Woods beranotasi, dengan catatan detail di sisi kanan halaman).

Catatan Izuku sangat rinci dan sering kali berkaitan dengan angka, fakta, dan peristiwa yang ia hafal dan dapat dibacakan di tempat (misalnya, Infodumping).

gambar

(Deskripsi gambar: Gambar dari manga Izuku berbicara tentang insiden yang melibatkan All Might. Teksnya berbunyi, "Ini mengacu pada insiden ketika seorang siswa sekolah menengah dengan Quirk yang dapat mengubah zat cair ... hampir tenggelam di sungai, memacu All Might untuk menyelamatkan. Bocah yang tenggelam, dalam kepanikan, secara tidak sengaja mengubah sungai menjadi cuka, yang menyebabkan mata All Might pedih saat dia melompat masuk ... " Panel berikutnya berbunyi," Tidak ada penjahat dalam insiden itu, dan dibandingkan dengan karya lainnya, itu tidak ada yang spektakuler. Itu bahkan tidak terlalu sering muncul di fansite, tapi saya sangat menyukainya… ”)

Itu adalah minat khusus yang dia miliki sejak dia masih muda dan jelas yang memberinya kegembiraan dan kenyamanan. Izuku juga terdengar sangat bersemangat dan terkadang terlalu bersemangat saat membahas pahlawan, indikator autisme lainnya. Buku catatan pahlawannya saat ini adalah No. 13 dan itu bisa dilihat pada buku catatan lain dari masa mudanya di pembukaan anime.

gambar

(Deskripsi gambar: Tangkapan layar dari pembukaan pertama di anime. Dua buku catatan pahlawan Izuku sejak dia masih muda terlihat).

Hal lain yang ingin saya catat tentang buku catatan di atas adalah bahwa buku catatan tersebut ditulis dalam hiragana, alfabet pertama yang dipelajari sebagai siswa Jepang, bukan katakana, yang menunjukkan bahwa dia telah menulis ini pada dasarnya segera setelah dia bisa menulis. Anda juga bisa melihatnya dari tulisan tangannya yang berantakan, tapi menurut saya itu fakta yang menyenangkan!

Secara spesifik, Izuku juga memiliki minat khusus pada All Might, yang terlihat dari cara dia mengidolakannya, mengumpulkan memorabilia, dan mendedikasikan dirinya pada cita-cita All Might. Beberapa kali kita melihat Izuku meniru All Might (terutama video All Might — indikator autisme bisa meniru orang di televisi atau di film.) Singkatnya, saya akan membiarkan gambar ini yang berbicara.

gambar

(Deskripsi gambar: Gambar dari manga. Ochaco berseru di kanan bawah, “Itu tidak lain adalah All Might! Ruang Otaku !! ” Izuku bergumam, "Aku mengaguminya, lihat ... ugh, sangat memalukan." Kamar Izuku dipenuhi dengan memorabilia All Might, termasuk beberapa figur aksi, potret, dan beberapa poster besar dirinya.)

2.Stimming

Stimming mengacu pada gerakan tubuh, menggerakan benda, dan mengeluarkan kata-kata atau kalimat secara berulang. Perilaku ini biasa terjadi pada seseorang yang memiliki autisme.

Izuku memiliki beberapa perilaku berbeda yang dia lakukan untuk merangsang, yang paling jelas adalah perilaku di mana dia bergoyang-goyang di kursi sebelum dia menonton video All Might.

gambar

(Deskripsi gambar: Izuku muda bergoyang-goyang di kursi komputer saat ibunya, Inko, memuat video All Might favoritnya).

Izuku juga banyak bergumam pada dirinya sendiri, terutama untuk memilah informasi untuk dirinya sendiri.

gambar

(Deskripsi gambar: Izuku bergumam, sangat mengejutkan teman-teman sekelasnya).

Saya juga akan mengatakan bahwa dia berolahraga kadang-kadang dia stimming, terutama karena sepertinya dia melakukannya untuk menenangkan dirinya sendiri.

gambar

(Deskripsi gambar: Izuku berolahraga sambil menunggu keputusan tentang UA. Dia banyak merenung saat berolahraga).

3.Kesulitan dengan interaksi sosial

Jangan salah paham — Izuku jelas sangat ramah dengan teman-teman sekelasnya sama seperti saya. Bahkan dia tidak mengalami kesulitan untuk naik ke posisi kepemimpinan saat dia membutuhkannya! Namun, dia telah terbukti canggung dalam pergaulan beberapa kali:

gambar

(Deskripsi gambar: Tangkapan layar dari anime. Izuku terlihat senang dengan dirinya sendiri setelah "berbicara" dengan Ochaco, meskipun faktanya, saat teks bercahaya di layar berbunyi, dia "tidak benar-benar berbicara").

gambar

(Deskripsi gambar: Tangkapan layar dari anime. Iida menegur Izuku, menatapnya dengan tegas sambil berkata "Kamu sudah bergumam selama ini.") 

Dari sini kita dapat menilai izuku seringkali bergumam karena gugup saat berinteraksi dengan teman-temannya.

gambar

(Deskripsi gambar: Tangkapan layar dari anime. Di latar belakang, Izuku bergumam. Di latar depan, Tsuyu berkomentar mengacu pada Izuku yang menggumamkan itu, "Ini menakutkan.")

Dan dia juga mengakui pada dirinya sendiri bahwa dia berjuang dengan interaksi sosial, seperti menjadi lucu.

gambar

(Deskripsi gambar: Panel dari manga. Izuku meniru ekspresi wajah All Might. Izuku berkata, “Aku mengagumi All Might sedemikian rupa sehingga aku menghabiskan waktu bertahun-tahun berlatih di depan cermin! Selera humor adalah hal yang paling saya kurang! Jika ini tidak membuatnya tertawa, maka magang dengan Night Eye sebaik… ”)

Hal lain yang perlu diperhatikan tentang gambar di atas adalah bahwa Izuku menyebutkan latihan ekspresi wajah di cermin, sesuatu yang pasti telah saya lakukan untuk memastikan ekspresi saya terlihat "normal" bagi orang lain.

4.Emosi, hiperempati, dan rasa keadilan

Sementara banyak orang autis memiliki empati yang lebih rendah, ada juga beberapa (seperti saya! He..he...) Tapi ada yang kemudian memiliki tingkat empati yang meningkat. Saya melihat Izuku banyak menangis.

Dan sering kali dia benar-benar menempatkan dirinya dalam bahaya karena dia sangat peduli pada orang lain. Alih-alih mencoba menyelesaikan ujian masuk pahlawan, dia menyelamatkan Ochaco karena itu adalah hal yang benar untuk dilakukan. Izuku berjuang dengan memenangkan pertandingan melawan Shinsou karena dia mengerti dan berempati dengan rasa sakitnya karena tidak memiliki Quirk yang "ideal". Sebelum bertarung dengan Shouto, dia tidak tahu apa-apa tentang Endeavour. Tapi begitu dia mempelajarinya, dia bisa menangkap kesedihan Shouto, hanya dari melihat punggungnya.

gambar

(Deskripsi gambar: Panel dari manga. Shouto mencairkan narasi Hanta dan Izuku di dalamnya mengatakan, “Aku melihat Todoroki mencairkan dirinya yang membeku dengan tangan kirinya. Dan bagiku… sesuatu tentang dia tampak sangat menyedihkan. ” Present Mic mengumumkan, “Shoto Todoroki maju ke babak kedua !!” di tengah sorakan “Usaha yang bagus!”)

Dan meskipun dia baru mengetahui tentang situasi itu, dia tidak ragu untuk berbicara kembali dengan Endeavour, mengetahui bahwa Endeavour adalah pahlawan nomor dua.

gambar

(Deskripsi gambar: Tangkapan layar dari anime. Izuku memelototi Endeavour dan berkata, "Todoroki juga bukan kamu.")

Selain itu, ketika Izuku pertama kali melihat Eri dan melihat betapa takutnya dia, dia sangat enggan untuk melepaskannya dan terus-menerus menuntut agar Eri diurus meskipun itu membahayakan pekerjaan Nighteye.

gambar

(Deskripsi gambar: Panel dari manga. Izuku dengan tegas menatap Chisaki sambil memegang Eri. Narasinya berbunyi, "Ketika seorang pahlawan melihat seorang anak gemetar, tidak mungkin mereka mengalihkan pandangannya!" Izuku berkata, "Apa yang kamu lakukan padanya?")

Rasa empati dan keadilan Izuku sangat tinggi — bahkan lebih tinggi daripada pahlawan lain seperti Mirio dan Nighteye, yang mampu memprioritaskan akal daripada emosi atau rasa keadilan yang dirasakan (yaitu ketika seseorang dalam masalah, satu-satunya keharusan moral adalah menyelamatkan mereka.)

4.Rasa intuisi/pola pemberitahuan yang tinggi dengan mudah

gambar

(Deskripsi gambar: Ochaco melihat saat Katsuki pulih dari Izuku yang melemparkannya ke tanah setelah memprediksi gerakannya. Izuku berkata, “Biasanya kamu mulai dengan ayunan kanan yang besar.”)

- Menawarkan bantuan/nasihat bahkan ketika orang tidak bertanya,jujur sesekali saya sering melakukan hal ini. Karena perilaku inilah saya seringkali dianggap sebagai orang sok pintar dan tidak menyenangkan dalam pergaulan. Itulah mengapa saat ini saya berusaha semaksimal mungkin mengurangi perilaku tersebut.

Ketika Izuku meminta nasihat Shouto untuk membantu Kouta, Shouto mengatakan bahwa Izuku sering terlibat dalam urusan orang lain, terutama ketika dia mengkhawatirkan orang lain.

gambar

(Deskripsi gambar: Tangkapan layar dari anime. Shouto, di latar belakang, berkomentar pada Izuku di latar depan, “Tapi menurutku kamu tidak perlu terus-terusan menusuk hidungmu dalam situasi yang sulit.”)

- Kaus kaki atau pakaian yang tidak serasi, pakaian luar dalam, ritsleting terbuka

Kita semua tahu bahwa Izuku tidak pernah memakai dasinya dengan benar.

gambar
gambar

(Deskripsi gambar: Dua tangkapan layar dari anime. Satu menunjukkan Izuku, dengan dasinya jelas tidak diikat dengan benar karena menonjol keluar dan jauh lebih pendek daripada dasi yang diikat dengan benar yang dikenakan Iida pada tembakan kedua.)

Jika Anda memiliki pendapat lain tentang apa yang dapat membuat Izuku bisa disebut sebagai karakter autis! Tolong tulis di kolom komentar.

Terima kasih sudah membaca!

(Damar Pratama Yuwanto)

No comments