LinkCollider - Free Social Media Advertising

Ini Tanda Imunitas Tubuh dalam Kondisi Melemah

Orang sedang sakit (Pexels)
Imunitas atau kekebalan tubuh memiliki peran penting terutama sebagai benteng atau pengadang masuknya suatu penyakit. Tubuh akan memperlihatkan tanda-tanda tertentu bila imunitas atau kekebalannya sedang bermasalah.

Jika sesorang terus mengalami infeksi berulang, mungkin ia menderita sistem kekebalan yang lemah. Penyebab paling umum dari sistem kekebalan yang lemah adalah usia. Tetapi itu bukan satu-satunya faktor potensial. Di luar usia, ada banyak faktor lain yang dapat menyebabkan melemahnya sistem kekebalan.

Melansir dari Insider, awal Januari 2021, ada beberapa kondisi yang menandakan seseorang memiliki kekebalan tubuh lemah:

- Kelelahan Terus Menerus

Penelitian telah menunjukkan ada hubungan yang rumit antara sistem saraf dan kekebalan. Ketika sistem kekebalan tidak bekerja dengan baik, sistem tersebut mengalami ketidakseimbangan yang dapat menyebabkan kelelahan kronis.

- Penyembuhan Luka Lambat

Sistem kekebalan memainkan peran kunci dalam penyembuhan luka. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika sistem kekebalan yang melemah akan dikaitkan dengan penyembuhan luka yang lambat.

- Infeksi Berulang dan Berkepanjangan

Tugas sistem kekebalan adalah mengidentifikasi, menargetkan, dan menghancurkan virus, bakteri, dan sel yang asing dalam tubuh. Jika seseorang sering sakit, maka bisa menjadi tanda bahwa sistem kekebalannya mungkin tidak berfungsi dengan baik.

- Ruam dan Iritasi Kulit

Kulit merupakan organ yang berinteraksi dan bergantung pada sistem kekebalan tubuh seperti halnya organ lain. Respons imun yang melemah dikaitkan dengan berbagai kondisi kulit termasuk reaksi alergi dan psoriasis atau kondisi autoimun.

- Masalah Perut yang Berlarut-larut

Sistem kekebalan yang lemah berpotensi menyebabkan masalah usus, misalnya sindrom iritasi usus besar.

(nnn)

Comments