Menu
Jedadulu

Pria Nepal Ini Pecahkan Rekor Daki Puncak Everest 26 Kali

Sherpa Kami Rita (foto: thehimalayantimes.com)

Seorang Sherpa atau pemandu pendakian Gunung Everest bernama Kami Rita berhasil memecahkan rekornya sendiri dalam pendakian paling banyak di puncak Everest. Kami Rita sukses menginjakkan kaki di titik tertinggi dunia sebanyak 26 kali.

Sherpa, pria asal Nepal, itu mencapai puncak setinggi 8.849 meter pada Sabtu malam, 7 Mei 2022 malam dengan memimpin sekelompok pendaki Sherpa yang memasang tali di sepanjang rute. Tali ini nantinya digunakan oleh ratusan pendaki dan pemandu lainnya untuk mencapai puncak gunung pada akhir bulan ini.

Kami Rita, seperti dilaporkan kantor berita AP, bersama 10 pemandu Sherpa lainnya mencapai puncak tanpa masalah dan telah kembali dengan selamat ke kamp yang lebih rendah pada Minggu, 8 Mei 2022.

Rute pendakian yang digunakan Kami Rita dipelopori oleh warga Selandia Baru, Sir Edmund Hillary, dan sherpa asal Nepal, Tenzing Norgay, pada 1953 silam. Hingga kini, jalur tersebut terus menjadi yang paling populer untuk mendaki Gunung Everest.

Adapun rombongan Kami Rita mencapai puncak sekitar pukul 19.00 waktu setempat yang menurut standar pendakian Everest itu kondisi yang terlambat. Pada malam hari, ada risiko kondisi cuaca memburuk dan pendaki tersesat saat turun.

Ada ratusan pendaki asing dan pemandu dalam jumlah yang sama yang akan mencoba mendaki Everest pada Mei 2022 ini. Mei adalah bulan terbaik untuk mendaki Everest karena memiliki kondisi cuaca terbaik. Biasanya hanya ada beberapa waktu dengan cuaca baik di bagian tertinggi gunung pada Mei yang memungkinkan pendaki mencapai puncak.

Kami Rita, pria berusia 52 tahun ini, pertama kali mendaki Everest pada 1994 dan telah melakukan perjalanan hampir setiap tahun sejak saat itu. Ia adalah salah satu dari banyak Sherpa yang keahlian dan keterampilannya sangat penting untuk keselamatan serta keberhasilan para pendaki asing yang pergi ke Nepal setiap tahun untuk berdiri di puncak gunung.

Ayah Kami Rita adalah salah satu Sherpa pertama. Kami Rita mengikuti jejak sang ayah. Selain 26 kali ke puncak Everest, Kami Rita telah mendaki beberapa puncak lain yang termasuk tertinggi di dunia, termasuk K-2, Cho-Oyu, Manaslu, dan Lhotse.

"Kami Rita telah memecahkan rekornya sendiri dan membuat rekor dunia baru dalam pendakian," kata Taranath Adhikari, Direktur Jenderal Departemen Pariwisata Nepal di Ibu Kota Kathmandu, Taranath Adhikari, dikutip kantor berita Reuters, Minggu, 8 Mei 2022.

Pada tahun 2022 ini, Nepal mengeluarkan 316 izin untuk mendaki Gunung Everest pada musim puncak yang berlangsung hingga Mei. Negara di Pegunungan Himalaya itu sangat bergantung pada pendaki untuk mendapatkan devisa.

Namun, izin mendaki Everest yang terlalu banyak ini mendapatkan kritikan karena membuat kepadatan dan beberapa pendaki tewas pada 2019. Everest telah didaki 10.657 kali sejak pertama kali didaki pada 1953 dari sisi Nepal dan Tibet. Berdasarkan data dari Himalaya, 311 orang telah meninggal sejak pendakian dibuka pada 1953 silam.



Tidak ada komentar