Home > Anime

Inilah Alasan Mata Byakugan Lebih Kuat daripada Sharingan di Anime Naruto

Byakugan dan Sharingan dalam anime Naruto adalah subjek yang sering menjadi perdebatan antara penggemar. Kedua mata ini masing-masing memiliki kemampuan unik.
 Neji dan Obito dari Anime Naruto. (Tangkapan Layar Anime Naruto) 
Neji dan Obito dari Anime Naruto. (Tangkapan Layar Anime Naruto)

Byakugan dan Sharingan dalam anime Naruto adalah subjek yang sering menjadi perdebatan antara penggemar. Kedua mata ini memiliki kemampuan unik tersendiri.

Sharingan adalah mata klan Uchiha yang memberikan kemampuan untuk memprediksi gerakan dan mengaktifkan Mangekyou Sharingan, memberikan kemampuan khusus Amaterasu, Tsukuyomi, dan Susanoo.

Pada dasarnya mata Byakugan jauh lebih overpower daripada Sharingan. Meski Sharingan identik dengan klan Uchiha yang dipenuhi karakter kuat, seperti Madara, Itachi, Sasuke dan Obito. Namun mata Sharingan mereka adalah Mangekyou Sharingan yang telah berevolusi, sangat tak adil membandingkan Byakugan biasa dengan Sharingan yang telah berevolusi.

Mangekyou Sharingan adalah sebuah bentuk peningkatan dari Sharingan yang hanya dapat diaktifkan oleh sebagian anggota Klan Uchiha. Mata ini tercatat menjadi "mata surgawi yang melihat kebenaran dari seluruh ciptaan tanpa halangan"

Mangekyou Sharingan harusnya dibandingkan dengan Tenseigan yang bahkan bisa membelah bulan untuk menghancurkan bumi.

Sharingan hanya bisa melihat chakra dan memprediksi kekuatan musuh, Sedangkan Byakugan bisa melihat menembus objek, melihat segala arah dari radius yang sangat jauh dan yang paling penting bisa melihat jalur cakra musuh, sehingga mereka bisa melakukan gerakan akupuntur kematian.

Byakugan memungkinkan pemiliknya untuk melihat titik chakra dan aliran chakra seseorang, dan juga dapat melihat hampir 360 derajat di sekitar mereka, sedikit titik buta. Mereka juga bisa melihat benda-benda yang jauh.

(Damar Pratama Yuwanto/berbagai sumber)

× Image