Home > Sastra

Hari Puisi Nasional, Mahfud MD Bacakan Puisi dalam Halal Bihalal Guyub Bersama Alumni UII

Acara IKA UII ini tak hanya bertujuan memperkuat tali ukhuwah dan keakraban antarsesama alumni, namun juga sebagai bentuk apresiasi terhadap pentingnya seni dan budaya dalam membangun imajinasi kebangsaan.
Ketua Dewan Penasihat IKA UII Mahfud MD. (Foto: republika.co.id)
Ketua Dewan Penasihat IKA UII Mahfud MD. (Foto: republika.co.id)

SASTRA -- Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia (IKA UII) menggelar kegiatan Halal Bihalal dan Pagelaran Seni 57th IKA UII bertajuk “Guyub Bersama Alumni UII”. Sejumlah tokoh nasional hadir membacakan puisi dalam acara yang diadakan sekaligus untuk memperingati Hari Puisi Nasional di Teater Ciputra Artpreneur, Jakarta, Minggu (28/4/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para pimpinan sivitas akademika UII, alumni UII, serta tamu undangan dari pejabat pemerintahan dan BUMN.

Tokoh nasional yang juga alumni UII hadir antara lain Mahfud MD (Ketua Dewan Penasihat IKA UII), Syarifuddin (Ketua Mahkamah Agung/Ketua Umum DPP IKA UII, Ari Yusuf Amir (Sekjen IKA UII), Halim Alamsyah (Ketua Dewan Pembina), Fathul Wahid (Rektor UII). Sejumlah seniman turut hadir, antara lain Butet Kertaredjasa dan Hamid Basyaib. Secara bergantian semua tokoh itu membaca puisi.

Kegiatan diwarnai pula dengan Tarian Nandak Betawi yang ditampilkan oleh Abang None Jakarta Selatan 2023, penampilan stand-up comedy Cak Lontong, dan music performance oleh El-Corona. Sekitar 900 alumnus hadir, baik dari kalangan pimpinan sivitas akademika, alumni, dan beberapa tamu undangan.

Ketua Umum IKA UII Syarifuddin mengatakan, acara ini tidak hanya bertujuan memperkuat tali ukhuwah dan keakraban antara sesama alumni, akan tetapi juga sebagai bentuk apresiasi terhadap pentingnya seni dan budaya dalam membangun imajinasi kebangsaan.

"Bangsa-bangsa besar di dunia selalu menaruh perhatian terhadap seni dan budaya. Bahkan seni dan budaya menjadi identitas kebangasaan yang melandasi karakter sebuah bangsa. Melalui acara ini, kita juga berharap agar generasi penerus terus berkreasi dan mengembangkan kepribadian yang berlandaskan nilai-nilai keislaman dan keindonesiaan," kata Syarifuddin.

Ketua panitia kegiatan, Daan Ahmad, mengatakan, acara ini bertujuan menciptakan momen kebersamaan yang mengakar dalam hati, membuka pintu keanekaragaman seni budaya yang dimiliki oleh keluarga besar UII, serta menjadikan acara halal bihalal. Sementara, pagelaran seni ini sebagai panggung yang merangkul berbagai bentuk seni sebagai ungkapan keberagaman yang membanggakan.

"Kegiatan ini diharapkan bisa mewujudkan semangat persatuan dan kebersamaan di antara alumni UII, sekaligus mendukung visi dan misi universitas dalam mengembangkan kecerdasan, kreativitas, dan karakter berlandaskan nilai-nilai Islam,” tegas Daan yang juga pernah menjabat sebagai salah satu eksekutif di BUMN.

× Image