Tips Mudik yang Aman, Nyaman, dan Menyenangkan

(Mudik/Foto: Pixabay)

Lebaran identik dengan mudik. Sudahkah Anda mempersiapkan segala kebutuhan mudik dalam rangka menyambut Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri?

Mengingat Lebaran atau Idul Fitri adalah hari besar umat Muslim, tentu berkumpul dengan keluarga besar adalah kegiatan yang sangat diidamkan. Namun mudik tentu tak sekadar jalan.

Ada sejumlah hal yang harus dipersiapkan agar perjalanan Anda nyaman dan itu tergantung dan ditentukan oleh diri Anda sendiri. Berikut tips mudik agar perjalanan Anda nyaman, aman, dan menyenangkan.


1. Bawa Baju Seperlunya
Perhitungkan seberapa lama Anda akan berada di kampung halaman. Packing baju secukupnya untuk menghindari kelebihan bawaan karena hal ini akan menyebabkan perjalanan Anda menjadi tidak nyaman.

2. Pesan Tiket

Arus mudik biasanya akan menyebabkan seluruh armada kendaraan dipenuhi dengan lonjakan penumpang. Agar anda terhindar dari masalah kehabisan tiket lakukan pemesanan tiket beberapa pekan sebelum hari H.

3. Cek Kendaraan

Saat Anda memutuskan mudik dengan kendaraan pribadi, sebaiknya memeriksakan kesiapan kendaraan. Sehingga, perjalanan akan lancar tanpa gangguan mogok hingga sampai ke tempat tujuan. Bawalah kendaraan ke bengkel langganan Anda dan servis kendaraan sesuai dengan standar aman untuk perjalanan jarak jauh.

4. Oleh-oleh

Saat pulang ke kampung halaman, oleh-oleh menjadi satu hal yang selalu dinanti. Carilah beberapa makanan atau kerajinan khas dari kota tempat merantau yang bisa dibagikan kepada sanak keluarga di kampung.

4. Obat-obatan

Benda yang sebetulnya kecil tapi jangan sampai lupa adalah kotak P3K. Sediakan beberapa obat-obatan standar untuk mengatasi penyakit yang sering menyerang saat di perjalanan. Selain itu, jangan lupa juga untuk membawa air minum yang banyak agar terhindar dari dehidrasi.






loading...

No comments