Banksasuci, Lokasi Liburan Alternatif di Kota Tangerang

 

Bagi warga Tangerang, Banten, nama Banksasuci tidaklah asing. Lokasi wisata yang tepatnya berada di Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, itu menawarkan ragam keindahan alam yang berpadu dengan aktivitas sosial.  

Banksasuci tidak lain merupakan akronim dari Bank Sampah Sungai Cisadane. Ia berada persis di pinggir Sungai Cisadane.

Pengunjung akan disajikan pemandangan sungai yang adem di saung-saung yang disediakan oleh pengelola pada sejumlah titik. Pengunjung pun bisa mampir melihat galeri yang di dalamnya terdapat sejumlah hasil karya seni. Karya-karya seni yang didesain oleh para seniman lingkungan itu berasal dari sampah-sampah olahan yang didapatkan dari Sungai Cisadane.

Di sekitar galeri, tampak tempat-tempat kuliner berjejer menjajakan sejumlah panganan, mulai dari makanan ringan hingga berat, serta sejumlah minuman beraneka rasa. Pengunjung bisa menikmati kuliner sambil menikmati angin yang sejuk di saung, lengkap dengan pemandangan sungai, serta musik yang kerapkali berdendang di sepanjang hari.

banksasucifoundation.com
 

Pengunjung yang menikmati wisata Banksasuci biasanya tertarik memanfaatkan waterway. Untuk bisa memanfaatkan waterway berupa speed boat, pengunjung perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 15 ribu dengan kapasitas sebanyak 10 orang. Sementara untuk perahu besar berkapasitas 30 orang pengunjung harus merogoh kocek sebesar Rp 20 ribu. Alur dari waterway ini menuju ke Taman Gajah.

Di Banksasuci, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas-fasilitas hiburan lainnya, seperti flying fox yang terpasang menuju lahan di seberang yang merupakan hutan belantara. Biaya untuk bisa memanfaatkan fasilitas tersebut hanya Rp 10 ribu.

(nnn)

No comments