Ini Area yang Perlu Diwaspadai Saat Menginap di Hotel

Kamar Hotel (Pixabay)
 

Para pebisnis hotel dan penginapan mulai bergegas menerapkan protokol kesehatan, termasuk pembersihan dan sanitasi, sejak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan wabah virus corona sebagai sebuah pandemi yang mengancam seluruh dunia. Pebisni hotel bahkan membawa konsultan ahli untuk memasang stasiun pembersih tangan dan penghalang kaca plexiglass di meja depan, serta meminta tamu dan staf untuk memakai masker wajah.

Namun demikian, tetap diperlukan kerja sama antara pihak hotel dan para tamu atau wisatawan dalam mencegah penyebaran virus. Tak ada salahnya tamu atau wisatawan juga mewaspadai dan mengantisipasi penyebaran virus secara mandiri.

Berikut saran dari Nahid Bhadelia, direktur medis unit patogen khusus di Fakultas Kedokteran Universitas Boston, yang dikutip di Washington Post, Senin, 14 Desember 2020, tentang hal-hal yang patut diwaspadai tamu selama menginap di hotel di masa pandemi.

- Membersihkan permukaan di kamar dan fasilitas karena setiap kali tidak diketahui siapa yang terakhir menggunakannya. Beberapa tempat yang berada di bawah tanggung jawab pengunjung setelah check-in adalah memastikan kesterilan diri sendiri dengan membersihkan barang-barang yang sekiranya akan disentuh.

- Wisatawan harus melihat-lihat ruangan dan mempertimbangkan semua permukaan yang akan disentuh selama menginap. Selain membersihkan titik-titik yang terlihat jelas seperti remote control, jam alarm, dan telepon. Ada juga yang kadang mudah terlewatkan, termasuk gagang kabinet dan laci, kenop pintu dan kunci pintu, saklar lampu, permukaan meja, serta buklet dan brosur informasi.

- Pertimbangkan hal-hal yang dimiliki dan yang terus disentuh saat menyentuh lingkungan sekitar, seperti ponsel.

- Para tamu disarankan untuk membersihkan titik kontak kamar menggunakan tisu desinfektan dengan alkohol 70 persen.

- Para tamu juga disarankan agar bepergian dengan membawa botol air dan mug pribadi untuk menghindari penggunaan peralatan gelas yang berpotensi terinfeksi.

- Tips yang sama juga berlaku untuk membersihkan kamar mandi hotel. Mulai dari membersihkan permukaan, keran, dan gagang sebelum digunakan. Pengunjung sebaiknya menyimpan perlengkapan mandi dalam tas pribadi daripada meletakkannya di atas handuk hotel.

- Menggunakan ruangan kebugaran (gym) dan kolam renang hotel selama masa pandemi sangatlah berisiko. Alternatif mudah untuk menjaga kebugaran tubuh adalah berolahraga di kamar atau jogging di pelataran hotel.

- Tak ada bukti bahwa Covid-19 dapat menyebar ke manusia melalui penggunaan air rekreasi, seperti danau, lautan, dan kolam renang umum dan taman air yang dirawat dengan baik secara kimiawi. Jika memang menggunakan kolam renang hotel atau bak mandi air panas, lakukan latihan jarak sosial selama berendam, kenakan masker di luar dan di sekitarnya, dan berhati-hatilah saat menyentuh permukaan umum.

- Area lain yang perlu diperhatikan adalah restoran hotel. Para tamu disarankan untuk menghindari peralatan penyajian publik di buffet. Bagi yang pergi ke restoran dan ingin memastikan tingkat kebersihan tertentu, disarankan untuk menyeka peralatan makan dengan tisu sebelum digunakan.

(nnn)

No comments