LinkCollider - Free Social Media Advertising

Libur Panjang di Rumah Selama Pandemi Corona, Dibikin Asyik Aja

Liburan di rumah (Pixabay)

Libur panjang Natal dan Tahun Baru 2020 sebentar lagi. Pemerintah mulai mempersiapkan langkah-langkah untuk mencegah lonjakan penyebaran Covid-19 seperti yang pernah terjadi di masa libur panjang Agustus 2020 lalu. Banyak yang menyarankan saat kondisi seperti ini, sebaiknya liburan di rumah saja.

Meski berlibur di rumah, namun tetap tidak boleh mengabaikan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak. Apalagi jika sesekali kita harus pergi ke minimarket untuk membeli kebutuhan rumah. Hal ini bertujuan untuk membuat suasana liburan di rumah tetap aman dan nyaman.

Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan Covid-19, Dr Dewi Nur Aisyah menjabarkan beberapa kegiatan untuk mengisi liburan panjang dari rumah saja, sekaligus berguna untuk mengurangi resiko penyebaran virus Covid-19. Terutama bagi yang sudah berusia lanjut atau memiliki penyakit penyerta atau komorbid.

1. Makan bersama atau menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah.
Kegiatan ini seru lho karena kita bisa bercerita atau bahkan bertukar informasi tentang banyak hal satu sama lain. Selain itu, bisa juga jadi lebih menambah kebersamaan dan kedekatan antaranggota keluarga.

2. Menonton atau melakukan aktivitas favorit bersama keluarga.
Buat yang suka sekali nonton tapi belum bisa atau berani untuk menonton film favorit ke bioskop, bisa juga nih menonton film favorit lewat platform streaming film bersama keluarga.

3. Mengirimkan makanan/hadiah/parsel berupa makanan atau barang favorit untuk orang tua atau keluarga yang tinggal berjauhan.

Hal ini bisa dilakukan untuk mengurangi risiko penularan jika kita berkunjung ke orang tua atau sederhana. Kita tidak akan pernah tahu apakah kita yang menularkan dan mereka tertular atau sebaliknya.

4. Melakukan komunikasi virtual dengan keluarga atau teman-teman terdekat.

Pasca-pandemi Covid-19 merebak, kini banyak masyarakat yang memanfaatkan aplikasi video conference seperti zoom atau google meet. Dengan aplikasi tersebut kita bisa mengobrol dengan beberapa orang sekaligus. Kita pun bisa mengurangi berkumpul dan berkerumun.

5. Berbelanja secara online untuk semua kebutuhan yang diperlukan.
Hal ini bertujuan untuk menghindari kerumunan yang mungkin saja terjadi di tempat pusat perbelanjaan. Selain itu, belanja online juga lebih praktis.

nnn

Comments