LinkCollider - Free Social Media Advertising

Awas, Sejumlah Kebiasaan Ini Bisa Bikin Siapa Saja Lekas Menua

Penuaan/ilustrasi (foto: tribunnews.com)
 

Manusia cepat atau lambat pasti akan mengalami penuaan. Namun demikian, ada kebiasaan tertentu yang berpotensi membuat seseorang menua lebih cepat. Situs ActiveBeat, pada Senin, 22 Februari 2021, merangkum sejumlah kebiasaan yang membuat manusia menua lebih cepat.


Tidak Cukup Tidur
Tidak memiliki waktu tidur cukup bisa membuat orang dewasa terlihat jauh lebih tua dari umur aslinya. Pasalnya, kurang tidur merampas energi mental dan fisik yang dibutuhkan untuk menjalani kegiatan sehari-hari. Jika frekuensi kurang tidur berlarut-larut, akibatnya seseorang berpotensi sulit menjalani kehidupan secara pribadi dan profesional. Kebiasaan buruk itu juga memberatkan tubuh, termasuk organ terpenting seperti otak dan jantung.

Tidak Teratur Berolahraga

Beberapa orang berolahraga hanya ketika merasa bersalah tentang bobot tubuh atau guna menyiapkan penampilan di acara penting. Padahal, kunci dari mendapatkan manfaat baik olahraga adalah melakukannya secara teratur. Berolahraga secara teratur membantu menjaga kebugaran, tingkat energi, dan bonusnya penampilan yang prima. Artinya, tidak perlu melakukan aktivitas fisik secara berlebihan untuk tampil terbaik di acara besar sewaktu-waktu.

Tidak Cukup Mengonsumsi Sayuran

Mungkin sulit bagi sebagian orang untuk memasukkan sayuran ke dalam menu harian mereka. Padahal, makan sayur bisa membuat seseorang sehat dan pada akhirnya akan terlihat lebih muda karena kesehatan yang terjaga. Sayuran adalah sumber serat yang sangat baik, membantu menjaga agar tubuh memiliki tingkat energi yang cukup. Temukan sayuran yang paling disukai dan sebisa mungkin selalu masukkan ke menu harian dengan kombinasi menu sehat lainnya.

Terlalu Sibuk Bekerja

Berfokus pada karier memang tidak ada salahnya, tetapi menjaga keseimbangan waktu untuk diri sendiri dan keluarga juga penting. Sebaiknya tidak menenggelamkan diri dalam kesibukan sampai-sampai lupa waktu bersantai. Pasalnya, kecanduan kerja bisa membuat seseorang terlihat lebih tua. Ada baiknya menyisihkan waktu untuk berolahraga, pergi keluar dengan teman dan keluarga, melakukan hobi, dan cukup istirahat.

Makan Junk Food

Hal menyedihkan tentang makan junk food berlebihan adalah menempatkan seseorang ke dalam lingkaran setan. Makanan cepat saji mungkin terasa enak, tetapi membuat perut kembung, merasa lelah, dan kondisi tubuh tidak enak. Karena tubuh terasa tidak enak, seseorang relatif menghindari melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan mood dan energi. Siklus tersebut kemudian berulang dan lama kelamaan berat badan bertambah.

Merokok

Kebiasaan merokok berpotensi membuat seseorang terlihat bertahun-tahun lebih tua dari sebenarnya. Itu karena rokok mengandung bahan kimia yang setelah dikepulkan jadi asap bakal mendampak kulit, gigi, mata, dan rambut. Belum lagi deretan masalah kesehatan akibat merokok berlebihan yang juga memicu penampilan seseorang jadi lebih tua dari usia aslinya. Beberapa di antaranya adalah kerusakan serius pada mulut, tenggorokan, dan paru-paru.

Minum Alkohol

Minum minuman beralkohol berpotensi membuat seseorang terlihat jauh lebih tua karena tubuh mengalami dehidrasi. Kondisi itu merampas kelembapan kulit sehingga kulit bertekstur kasar, juga kering, dan nyeri.

Mengeraskan Volume Televisi

Mengencangkan volume televisi berlebihan bisa menyebabkan proses penuaan lebih cepat karena akan mengganggu kerusakan indra pendengaran. Sebaiknya, atur volume di tingkat sedang, termasuk saat memakai headphone untuk mendengarkan musik.

(nnn)

Comments