Menu
Jedadulu

Ini 4 Tanaman yang Bisa Bantu Buang Racun dalam Tubuh

Tanaman herbal/ilustrasi (foto: pixabay).


Tubuh manusia sudah memiliki sistem yang mahir, seperti hati, ginjal, paru-paru, dan kulit, yang bekerja keras menjaga agar terbebas dari penumpukan racun. Meski demikian, ada hal-hal yang dapat dilakukan untuk membantu sistem itu istirahat dan tidak terbebani pekerjaan ekstra.

Satu hal sangat penting yang dapat dilakukan adalah minum banyak air putih. Air sangat penting untuk pencernaan yang sehat, pelumasan sendi, dan pembuangan produk limbah. Selain itu, membatasi minuman beralkohol dan tetap aktif, memainkan peran penting dalam menjaga sistem detoks alias pembuangan racun dalam tubuh agar tetap prima.

Ada beberapa tanaman dan sayuran yang dianggap bisa membantu proses pencernaan dan mendukung sistem detoksifikasi alamiah tubuh. Dilansir dari One Green Planet pada Kamis, 3 Februari 2022, berikut empat tanaman yang mampu membantu membersihkan racun dalam tubuh.


1. Dandelion alias randa tapak

Dandelion

Daun dandelion berkhasiat tinggi dan kaya vitamin A, C, K, E, dan sejumlah vitamin B. Dandelion juga mengandung sejumlah besar zat besi, kalsium, magnesium, dan potasium.

Akar dandelion kaya akan inulin, sejenis serat larut, yang dapat meningkatkan bakteri usus sehat dalam sistem pencernaan. Dandelion juga mengandung beta karoten dan polifenol tingkat tinggi.

Antioksidan penting ini dapat melindungi kembali kerusakan sel dan melindungi dari penyakit tertentu. Selain itu, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, beberapa penelitian menunjukkan dandelion dapat membantu melindungi dan mencegah kerusakan hati.

Dandelion memiliki rasa yang cukup pahit. Tetapi daun, akar, dan bunganya dapat digunakan untuk membuat teh atau dinikmati sebagai pengganti kopi. Bisa juga untuk membuat smoothie dandelion atau salad dengan sayuran ini.


2. Daun Nettle atau jelatang menyengat

Jelatang menyengat.

Namanya memang sedikit menakutkan. Tak mengherankan jika jelatang tidak banyak digunakan. Namun, dengan pengolahan yang hati-hati dan benar, seperti pengeringan atau pemasakan, jelatang bisa menjadi sayuran dan ramuan yang sangat bergizi dan bermanfaat.

Jelatang sering disebut-sebut sebagai salah satu makanan yang paling padat nutrisi dan dikemas dengan vitamin A, C, K, dan beberapa vitamin B. Jelatang tinggi mineral, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan natrium.

Jelatang juga mengandung sejumlah antioksidan, termasuk beta karoten dan berbagai polifenol. Diperkirakan juga bahwa jelatang dapat membantu melindungi hati dari peradangan dan racun. Jelatang dapat dinikmati sebagai teh atau sup.

3. Akar burdock atau Niupang atau Gobo atau Ketela Jepang

Burdock.

Meskipun asli Asia dan Eropa, burdock dapat ditemukan sebagai tumbuh liar di Amerika Serikat. Burdock memiliki akar tunggang yang sangat panjang yang digunakannya untuk menambang mineral dari dalam tanah.

Burdock telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai diuretik dan bantuan pencernaan. Burdock juga mengandung antioksidan kuat tingkat tinggi dan merupakan sumber inulin baik yang meningkatkan bakteri sehat di usus.

Beberapa penelitian menunjukkan burdock membantu dalam detoksifikasi darah dan membantu sirkulasi darah di kulit. Selain digunakan untuk membuat teh pahit, akar burdock dapat disantap sebagai sayuran.


4. Peppermint

Peppermint.

Peppermint sangat disukai dan cukup banyak digunakan karena rasa mint yang menyenangkan. Daun pappermint biasa digunakan dalam teh, pasta gigi, dan cemilan. Peppermint hadir dengan sejumlah manfaat kesehatan yang dapat membantu meningkatkan suasana hati dan melepaskan perasaan kembung.

Berbagai penelitian menunjukkan peppermint dapat memiliki efek menenangkan pada ketidaknyamanan pencernaan dengan membantu meredakan rasa sakit, melepaskan gas yang terperangkap, dan meredakan gejala gangguan pencernaan. Peppermint juga dianggap memiliki efek positif pada suasana hati dan dapat membantu menghilangkan rasa lelah dan kantuk pada siang hari.

Hebatnya, peppermint sangat mudah ditanam sendiri misalnya di dalam pot. Peppermint bisa menjadi bahan obat bagus yang ada di teras rumah. 

(nnn)

Tidak ada komentar