Menu
Jedadulu

Tips Membersihkan Sayur, Buah, dan Daging Agar tak Kena Infeksi

Membersihkan sayur, buah, dan daging agar tak kena infeksi (foto: pixabay).

 

Infeksi bisa terjadi melalui bahan makanan. Untuk mencegah infeksi ada baiknya memberikan penanganan saat membersihkan bahan makanan tersebut.

Sayur, buah, dan daging sebaiknya dibersihkan secara terpisah karena daging mentah dapat mengkontaminasi sayuran dan buah. Cuci buah terlebih dahulu, sayur, lalu daging.

Sehabis mencuci atau mengolah daging, alat masak dan area masak harus dibersihkan dengan sabun dan jika mungkin dengan air panas.

"Masak bahan makanan sampai matang, termasuk telur agar menghindari dari infeksi bakteri, pastikan meminum air minum yang bersih dan matang," ujar dr Nina Dwi Putri SpA(K) dari Unit Kerja Koordinasi Infeksi Tropik Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) melalui siaran kepada media, Senin, 9 Mei 2022.

Nina melanjutkan, simpan bahan makanan itu di kulkas atau bekukan daging, unggas, telur, seafood atau boga bahari, dan makanan mudah busuk lainnya dalam waktu dua jam setelah dimasak atau dibeli.

"Jangan menyimpan makanan kering maupun basah di dalam kamar tidur. Makanan menarik serangga yang dapat menularkan penyakit," jelasnya.

Jika menyimpan sisa minuman dalam gelas, tutup bagian atas gelas.

Hindari asap rokok. Merokok berdampak buruk bagi kesehatan perokok dan orang-orang di sekitarnya terutama bayi dan anak-anak. Jika bayi atau anak memiliki masalah kesehatan yang khusus, sebaiknya konsultasikan kepada petugas kesehatan mengenai pencegahan spesifik pada anak.

 

(nnn)

Tidak ada komentar