RajaBackLink.com
Menu
Jedadulu

Penggemar Jejepangan Baru Harus Tahu Ini Bedanya Anime Lovers, Otaku, Wibu, dan Tokufans

Wibu, Otaku, Anime Lovers (foto: line today).

1. Wibu

 

Japanofilia atau wibu adalah ungkapan yang ditujukan kepada seseorang terutama orang-orang Barat yang menyukai budaya populer dari Jepang. Kata weeaboo sendiri pertama kali digunakan dalam sebuah forum bernama 4chan untuk menggantikan kata wapanese yang sudah diblokir oleh forum tersebut. 

 

Belakangan ini kita sering mendengar istilah “Dia itu wibu parah”, “sukanya nonton anime, pasti wibu ya”, dan lain sebagainya.

Faktanya tidak semua yang mengidolakan Jepang dengan menonton filmnya, mendengarkan musiknya, atau lain sebagainya dapat disebut Wibu. Karena ada istilah lain seperti Otaku dan Anime Lovers.

Singkatnya Wibu merupakan julukan bagi seseorang yang sangat mengidolakan segala hal yang berbau Jepang.

 
2. Anime Lovers 

 

Anime Lovers adalah istilah buat mereka yang suka sekali menonton anime, dan tahu banyak jenis anime. Ingat yah mereka hanya suka menonton anime dan biasa tidak hafal dengan karakter-karakter anime yang mereka tonton.
 

Sedangkan tingkat keparahan dalam menyukai budaya Jepang, pada sudut pandang yang kedua ini, tentu Anime Lovers dapat dikatakan memiliki tingkat keparahan yang paling rendah dikarenakan mereka hanya menyukai budaya Jepang melalui anime-nya saja. Anime merupakan produk Jepang berupa film animasi dengan berbagai cerita dan karakternya.

Seperti namanya Anime Lovers, mereka sudah pasti menyukai anime buatan Jepang.Namun bukan berarti mereka akan sangat adiksi terhadap anime hingga mengikuti segala judul yang ada. Jadi mereka menonton anime hanya untuk menghibur diri.


3. Otaku

 

Otaku, mereka menyukai anime karena dianggap akan menjadi passion mereka, seperti dapat membuat cosplay-nya, belajar bahasa Jepang untuk sekadar menambah wawasan, dan lain sebagainya. Ini masih dalam konteks wajar. Atau mereka menyukai Anime tertentu karena musik pengiringnya yang menarik.

Untuk Wibu, mereka menonton Anime karena untuk kebutuhan, jika tidak menonton akan merasa seperti ada yang hilang.



Bahkan ada yang sampai menganggap karakter-karakter tersebut nyata dan membuat jatuh cinta. Beberapa dari kita pasti mengenal istilah Waifu, yang artinya pacar atau kekasih versi 2 dimensi.


Untuk Otaku, mereka menyukai budaya Jepang seperti busana, makanan, musik, bahasa, dan lain sebagainya karena dianggap sebagai passion. Mereka akan mempelajari bagaimana desain busananya, memainkan musik, memasak makanan ala Jepang untuk sekadar sebagai passion.

Sedangkan Wibu, mereka akan benar-benar mengidolakan budaya Jepang apapun itu, bahkan akan menganggap budaya Jepang adalah yang terbaik dibanding dengan budaya negaranya sendiri.

Beberapa saat mereka juga akan membawa budaya Jepang, khususnya bahasa dalam kehidupan sehari- hari. Poin yang ketiga ini maksudnya adalah sebagai kolektor karena menjadi kolektor juga bisa menjadi hiburan untuk beberapa kalangan. 

 

Untuk Anime Lovers, keinginan membeli atribut bernuansa Jepang cenderung sangat rendah karena mereka menikmati anime hanya dari segi cerita dan untuk menghibur diri. Sedangkan untuk Otaku, cenderung lebih suka mengoleksi atribut bernuansa Jepang seperti baju-baju ala anime Jepang, action figure, mainan, dan lain sebagainya untuk sebagai hobi.

Karena biasanya Otaku ini memiliki komunitas yang akan menampilkan berbagai koleksi miliknya. Untuk Wibu, mereka cenderung sangat ingin membeli atribut bernuansa Jepang dikarenakan sangat maniak terhadap apapun yang bernuansa Jepang, mulai dari baju cosplay, makanan, dan lain sebagainya.

Biasanya Wibu ini merupakan penikmat atau pembeli dari hobi koleksi yang dilakukan oleh Otaku.

 

4. Tokufans  

 

Mirip seperti Anime Lovers, Tokufans adalah istilah buat mereka yang suka menonton film ataupun serial Tokusatsu seperti, Ultraman, Kamen Rider, Super Sentai, dll. Para Tokufans ini biasanya sangat menggemari film-film super hero dari Jepang.

Nah itulah pengertian dari Wibu, Otaku, Anime Lovers, dan Tokufans, gampangnya sih gini nih temen-temen, Wibu itu sebutan buat mereka yang sok-sokan jadi orang Jepang, Otaku itu sebuatan buat mereka yang sangat mencintai hobinya, Anime Lovers itu sebutan buat mereka yang suka nonton anime, dan Tokufans itu sebutan buat mereka yang suka dengan Tokusatsu. 

 

Nah setelah kalian ngerti tentang apa itu Wibu, Otaku, Anime Lovers, dan Tokufans, kali ini aku mau ngasih perbedaannya, perbedaannya adalah:

  • Wibu itu bisa termasuk Otaku, Anime Lovers, dan Tokufans
  • Sedangkan Otaku, Anime Lovers, dan Tokufans belum tentu menjadi atau termasuk Wibu.

 

(Damar Pratama) 

 

Sumber: 

- https://www.jontaku.com/2019/01/inilah-perbedaan-wibu-otaku-anime.html 

- wikipedia

- SragenUpdate.com dari akun Youtube Issei Nugroho.


Tidak ada komentar