Home > Anime

Unik, Mangaka dan Penulis Frieren Ternyata Belum Pernah Bertemu Satu Sama Lain

Kanehito Yamada, penulis cerita asli Frieren dan Abe Tsukasa yang merupakan mangaka belum pernah bertemu langsung dalam proses pembuatan manga Sousou no Frieren.
                                                Frieren: Beyond Journey's End, Vol. 2.
Frieren: Beyond Journey's End, Vol. 2.

ANIME -- "Frieren: After 'The End'" adalah manga Jepang yang ditulis oleh Kanehito Yamada dan diilustrasikan oleh Tsukasa Abe. Serial ini telah diserialisasikan sejak April 2020 di majalah Weekly Shonen Sunday oleh Shogakukan, dengan dua belas volume tankōbon yang diterbitkan hingga Desember 2023.

Manga ini telah dilisensikan oleh Viz Media untuk rilis bahasa Inggris di Amerika Utara dan oleh penerbit m&c! untuk bahasa Indonesia. Selain itu, manga ini diadaptasi menjadi seri anime yang diproduksi oleh Madhouse, dengan penayangan perdana pada September 2023.

Hingga September 2023, manga ini telah terjual lebih dari 10 juta eksemplar. Pada tahun 2021, manga ini meraih penghargaan Manga Taishō ke-14 dan Penghargaan Kreator Baru dari Penghargaan Kebudayaan Osamu Tezuka ke-25, yang diselenggarakan secara tahunan.

Kanehito Yamada dan Abe Tsukasa yang merupakan mangaka belum pernah bertemu langsung dalam proses pembuatan manga “Sousou no Frieren”. Mereka hanya berkomunikasi melalui Editor "Katsuma Ogura" (Orang yang sama yang memperkenalkan mereka berdua untuk bekerja bersama) dan lewat email.

Belum diketahui secara pasti apakah mereka kini bertemu setelah animenya tayang.

Baca selanjutnya...

× Image