Home > Serba Serbi

Tata Cara dan Bacaan Lengkap Niat Puasa di Bulan Ramadhan

Niat puasa merupakan salah satu aspek penting dalam menjalankan ibadah puasa bagi umat Muslim.
Ibadah Puasa Ramadhan/ilustrasi. (Foto: republika.co.id)
Ibadah Puasa Ramadhan/ilustrasi. (Foto: republika.co.id)

Berpuasa di Bulan Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam yang wajib bagi umat Muslim. Dalam kalender Islam Hijriyah, bulan Ramadhan adalah bulan kesembilan. Bulan ini dianggap merupakan bulan suci dan bertabur pahala dan keberkahan.

Karena itu, selama satu bulan penuh ini umat Islam di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa. Selain itu, bulan ini juga diisi dengan berbagai amalan ibadah lainnya seperti shalat tarawih, membaca Al-Quran, hingga bersedekah.

Berpuasa di Bulan Ramadhan adalah salah satu rukun Islam yang wajib bagi umat Muslim. Lantas apa pengertian puasa Ramadhan? Dalam kalender Islam Hijriyah, bulan Ramadhan adalah bulan ke-sembilan.

Bulan ini dianggap merupakan bulan suci dan bertabur pahala dan keberkahan. Karena itu, selama satu bulan penuh ini umat Islam di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa. Selain itu, bulan ini juga diisi dengan berbagai amalan ibadah lainnya seperti shalat tarawih, membaca Al-Quran, hingga bersedekah.

Niat puasa merupakan salah satu aspek penting dalam menjalankan ibadah puasa bagi umat Muslim. Baik itu puasa wajib seperti puasa Ramadhan, puasa qadha, atau puasa nadzar, maupun puasa sunnah, niat harus disertakan sebagai bagian dari ibadah tersebut. Berikut ini adalah tata cara dan bacaan lengkap untuk niat puasa di bulan Ramadhan:

Tata Cara Niat Puasa:

  1. Puasa Wajib (Puasa Ramadhan, Puasa Qadha, dan Puasa Nadzar): Niat puasa wajib harus dilakukan di malam hari sebelum terbit fajar, sebagaimana disarankan dalam Mazhab Syafi’i. Dalam Mazhab Maliki, cukup dengan berniat puasa sebulan penuh pada malam pertama Ramadhan, tanpa perlu memperbarui niat di setiap harinya. Sebagai bentuk kehati-hatian, kita bisa mengikuti pendapat Imam Malik untuk berniat sebulan penuh, mengantisipasi jika kita lupa atau ketiduran.
  2. Puasa Sunnah: Puasa sunnah memiliki fleksibilitas yang lebih besar, di mana seseorang boleh berniat di siang harinya. Namun, sebagai kebiasaan dalam Mazhab Syafii, disarankan untuk selalu membiasakan diri berniat puasa di setiap malam bulan Ramadhan, biasanya setelah shalat tarawih atau ketika makan sahur.

Bacaan Niat Puasa:

  1. Niat Puasa Ramadhan untuk Sehari: نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَة لِلّٰهِ تَعَالَى Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i fardhi syahri Ramadhana hadzihis sanati lillahi ta’ala. Artinya: “Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban puasa bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala.”
  2. Niat Puasa Ramadhan untuk Sebulan Penuh:نَوَيْتُ صَوْمَ جَمِيْعِ شَهْرِ رَمَضَانِ هٰذِهِ السَّنَةِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى Nawaitu shauma jami’i syahri Ramadhani hadzihis sanati fardhan lillahi ta’ala. Artinya: “Aku niat berpuasa di sepanjang bulan Ramadhan tahun ini dengan mengikuti pendapat Imam Malik, wajib karena Allah Ta’ala.”
× Image