Home > Anime

Kabar Duka, Mangaka Legendaris Pengarang Dragon Ball, Akira Toriyama, Meninggal Dunia

Kabar meninggalnya Akira Toriyama diumumkan oleh studio produksi manga dan desain buatan Toriyama, Bird Studio.
Pengarang manga 'Dragon Ball', Akira Toriyama.  (Foto: Bird Studio)
Pengarang manga 'Dragon Ball', Akira Toriyama. (Foto: Bird Studio)

ANIME -- Pengarang manga legendaris 'Dragon Ball', Akira Toriyama, meninggal dunia pada usia 68 tahun akibat subdural hematoma akut, Jumat (8/3/2024) hari ini. Kabar tersebut diumumkan oleh Bird Studio, studio produksi manga dan desain yang dipimpin oleh Toriyama.

Kabar meninggalnya Akira Toriyama diumumkan Bird Studio melalui akun media sosial X Dragon Ball Z pada Jumat (8/3/2024). Toriyama meninggal dunia karena subdural hematoma akut. Ia meninggalkan banyak judul manga dan karya seni yang telah memberi dampak besar bagi dunia manga dan anime.

"Kami sangat sedih untuk mengumumkan bahwa kreator manga Akira Toriyama meninggal dunia karena subdural hematoma akut. Dia menginjak usia 68 tahun," tulis studio produksi manga dan desain buatan Toriyama, Bird Studio dalam keterangan yang diunggah pada Jumat (8/3/2024).

Toriyama memulai kariernya di industri komik Jepang pada usia 23 tahun dan menciptakan karya-karya ikonik seperti "Dragon Ball" dan "Dragon Ball Z" yang menjadi salah satu judul manga terlaris dan paling berpengaruh sepanjang masa.

Selain itu, Toriyama juga terlibat dalam industri gim, menjadi desainer karakter gim "Dragon Quest" dan bersama kreator gim lainnya, Yuji Horii dan kreator 'Final Fantasy' Hironobu Sakaguchi, menciptakan gim "Chrono Trigger" yang dianggap sebagai salah satu gim terbaik yang pernah dibuat.

(Damar Pratama Yuwanto/berbagai sumber)

× Image