Home > Serba Serbi

Ini Manfaat Membaca Doa Nabi Yunus

Membaca doa Nabi Yunus sangat banyak manfaatnya. Selain sebagai pengakuan dosa, doa Nabi Yunus merupakan doa ungkapan rasa tawakal kepada Allah SWT.
Berdoa/ilustrasi. (Foto: pixabay)
Berdoa/ilustrasi. (Foto: pixabay)

Doa Nabi Yunus AS

Doa yang dilakukan oleh Nabi Yunus AS saat sedang terjebak dalam perut paus merupakan doa penyesalan.

لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Latinnya: Lailaha illa Anta subhanaka inni kuntu minadhdhalimin

Artinya: "Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim."

Doa Nabi Yunus di atas merupakan bagian dari surah Al-Anbiya' [21} ayat 87 yakni:

وَذَا النُّوْنِ اِذْ ذَّهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ اَنْ لَّنْ نَّقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادٰى فِى الظُّلُمٰتِ اَنْ لَّآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَ ۚ

Latinnya: Wa dzan-nuuni idz dzahaba mughadhiban fazhanna an lan naqdiro 'alaihi fanada fidz-dzulumati an la ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minazh-zhalimin.

Artinya: "Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Nabi Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya). maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap, "Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim." (QS. Al-Anbiya'[21]:87)

Keistimewaan Doa Nabi Yunus AS

Banyak umat Islam yang mengamalkan dzikir ini sebagai bagian dari ibadah mereka, baik dalam rangka memohon ampunan maupun sebagai ungkapan rasa tawakal kepada Allah SWT.

Membaca doa Nabi Yunus saat sedang sakit memiliki beberapa manfaat seperti:

Apabila membaca doa Nabi Yunus AS sebanyak 40 kali ketika sedang sakit, dan apabila meninggal dunia karena sakitnya itu, Maka Allah SWT akan memberikan ganjarannya kepada para syuhada.

Apabila sembuh dari sakitnya, maka Allah SWT akan mengampuni segala dosanya.

Bisa disimpulkan bahwa doa Nabi Yunus AS mempunyai keistimewaan dalam mengabulkan segala keinginan bagi yang mengamalkannya dan dimudahkan dalam melewati kesulitan dalam hidup. Dimudahkan di sini bisa berarti akan dikuatkan dirinya dalam menghadapi segala cobaan atau bisa saja diangkat semua permasalahannya.

× Image