LinkCollider - Free Social Media Advertising

Setu Sawangan, Potensi Tersembunyi Destinasi Wisata Air di Depok

Salah satu sudut Setu Citayam (jedadulu.com)
 

Berwisata keluar kota selama pandemi Covid-19 pada 2020-2021 sebenarnya tak dianjurkan. Tapi sebagai manusia biasa, menjalani aktivitas hari-hari di dalam rumah selama hampir setahun tentu sesuatu yang amat menjemukan. Siapa saja butuh melepas penat.

Mungkin jalan tengah yang masuk akal adalah berwisata di area sekitar rumah atau yang bisa ditempuh kurang dari 15 menit dari rumah. Kebetulan rumah kami ada di wilayah Parung Bingung, Sawangan, Kota Depok. Dan, ada lokasi favorit warga sekitar yang murah meriah jika tak ingin dikatakan gratis lantaran masuk dan parkir kendaraan tak perlu membayar. Namanya Setu Sawangan Bojongsari.

Setu Sawangan atau ada yang menyebut Setu Tujuh Muara memang tempat favorit warga untuk menghilangkan penat atau sekadar memancing ikan sebagai hobi karena tempatnya yang rindang, sejuk, serta luas. Setu Sawangan memiliki luas sekitar 28 hektare.

Setu Sawangan diurus dan dibangun oleh warga sekitar. Warga sekitar Setu Sawangan membuka warung kecil dan pemancingan ikan. Ada pula sejumlah pedagang kaki lima yang menyediakan berbagai kudapan seperti bakso, cilok, siomay, mie ayam, jasjus, kopi, dan es kelapa muda.

Sabtu sore, pertengahan Februari 2021, kami berekreasi ke Setu Sawangan dengan mengendarai sepeda motor. Perjalanan dari rumah hingga ke setu hanya sekitar 10 menit.  

Situ Sawangan biasanya ramai pada Sabtu dan Minggu. Bisa mencapai 200 pengunjung setiap harinya. Namun lantaran masih dalam kondisi pandemi, saat kami datang ke sana, pengunjung tak sampai 100 orang. Sebagian besar pengunjung memilih aktivitas memancing di pinggir setu. Sebagian kecil lainnya memilih mencicipi makanan pedagang kaki lima yang menempati sekujur tepi setu.

Setu Sawangan Dilihat dari Atas (foto: Instagram)

 

Pemandangan di sekitar Setu Sawangan lumayan indah untuk menyegarkan mata. Pengunjung dapat memanfaatkan keteduhan pohon kelapa, pohon rambutan, pohon mangga, serta pepohonan lain yang tumbuh di tepi setu untuk berpiknik. Di sisi danau lebar ini ada lokasi tempat nongkrong buat yang ingin piknik duduk-duduk di saung sederhana yang tersebar di beberapa titik.

Jika hanya ingin sekadar jalan-jalan, pengunjung dapat memanfaatkan jalur pejalan kaki yang sengaja dibuat mengelilingi setu. Lokasi ini juga cocok untuk bersepeda ria. Di sini pengunjung masih bisa mendapatkan udara segar plus angin semilir yang sejuk.

Jika tertarik berwisata murah meriah, Setu Sawangan bisa jadi salah satu opsi. Lokasinya strategis dijangkau karena hanya sekitar 13 kilometer dari pusat Kota Depok. Tinggal mencari lokasinya di Sawangan Lama, Kecamatan Sawangan. 

Keluarga piknik di Setu Sawangan.

 

Di pinggir jalan menuju setu, sudah ada plang besar bertuliskan Setu Sawangan. Pengunjung tinggal masuk saja ke dalam sejauh 200-an meter. Bagi pengunjung dari luar Depok bisa mencapainya dengan mengambil rute Cinere, Ciputat, atau Pondok Cabe.

Setu Sawangan memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata air di kota Depok. Letaknya juga sangat strategis dan tidak terlalu berada di tepi jalan, sehingga lebih aman dan nyaman dikunjungi untuk berwisata. Areanya masih banyak lahan kosong yang bisa dimanfaatkan untuk lokasi hiburan lainnya seperti di Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Sayang, mungkin karena pandemi Covid-19, semua potensi itu seakan masih tersembunyi.


(Damar Peyek)

Comments