Menu
Jedadulu

Sering Tidur Larut Malam? Siap-siap Dampak Buruk Ini Bakal Menimpa Tubuh

Tidur terlalu malam tak bagus bagi kesehatan (foto: freepik).

Orang-orang dewasa biasanya membutuhkan enam hingga delapan jam waktu tidur yang tidak terputus per malam. Seberapa baik waktu dan durasi tidur akan memengaruhi kesehatan tubuh utamanya pada organ penting.

Akan tetapi, karena satu dan lain hal beberapa dari orang-orang itu memilih untuk begadang. Padahal, kurang tidur dan kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan masalah kesehatan utama, seperti resistensi insulin, masalah neurologis, penambahan berat badan, depresi, hingga kecemasan.

Berikut lima dampak buruk yang terjadi pada tubuh jika terus begadang alias kurang tidur dilansir dari indiatvnews.com, Jumat, 28 Januari 2022.


1. Perubahan Suasana Hati

Perubahan suasana hati sering terjadi pada orang yang kurang tidur. Kegelisahan dapat membuat orang berperilaku buruk terhadap orang-orang lain di sekitarnya.  Kelelahan, mudah marah, dan kurang fokus juga merupakan efek dari kurang tidur.

 
2. Mempengaruhi Kesehatan Mental

Kesehatan mental seseorang mungkin berisiko jika terus kurang tidur. Sesuai temuan, gangguan mood seperti depresi klinis dan gangguan kecemasan umum pada orang dewasa dapat disebabkan jika tidak cukup tidur. Ini juga dapat membahayakan proses pengambilan keputusan dan kreativitas.

3. Kekebalan dan Daya Tahan Tubuh Terganggu

Jika tidak tidur nyenyak, kekebalan tubuh mungkin terganggu. Saat tidur, sistem kekebalan tubuh menghasilkan zat pelindung dan melawan infeksi layaknya antibodi dan sitokin. Ia menggunakan zat ini untuk memerangi penyusup asing seperti bakteri dan virus. Kurang tidur menghambat sistem kekebalan membangun kekuatannya sehingga tubuh mungkin menjadi rentan terhadap berbagai penyakit.

4. Masalah Kesehatan Jantung

Tidur memengaruhi proses yang menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, termasuk yang memengaruhi gula darah, tekanan darah, dan tingkat peradangan. Ini juga memainkan peran penting dalam kemampuan tubuh ntuk menyembuhkan dan memperbaiki pembuluh darah dan jantung. Orang yang kurang tidur lebih mungkin terkena penyakit kardiovaskular. Satu analisis mengaitkan insomnia dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

5. Gairah Seks Cendrung Menurun

Pria dan wanita yang tidak mendapatkan kualitas tidur yang cukup bisa mengalami kehilangan libido alias penurunan gairah seks dan kurang tertarik pada seks.

(nnn)




Tidak ada komentar