Penginapan/ilustrasi. (foto: pixabay)

Tempat menginap merupakan salah satu komponen penting yang perlu dipersiapkan dengan baik bila ingin berlibur. Pasalnya, tempat menginap yang nyaman bisa membuat pengalaman berlibur kian menyenangkan.

Hal ini pula yang dialami oleh seorang traveler bernama Esther Marshall. Saat berlibur ke Corfu, Yunani, Marshall memilih untuk menyewa kamar di sebuah apartemen melalui platform Airbnb.

"Airbnb memberikan wisatawan kebebasan untuk menginap di tengah kota, memasak makanan sendiri, dan merasakan lebih banyak nuansa lokal," ujr Marshall seperti dikutip dari Express pada Minggu, 13 Agustus 2023.

Kala itu, Marshall menyewa sebuah kamar yang terletak di dalam apartemen bersama. Karena apartemen bersama, Marshall harus berbagi dapur dan kamar mandi dengan tamu lainnya.

Saat tiba di lokasi, Marshall mengungkapkan bahwa kamar yang ia sewa tampak baik-baik saja. Kamar tersebut terlihat bersih dan tampak sama seperti foto yang dimuat dalam aplikasi Airbnb.

Namun, Marshall baru menyadari bahwa ada satu hal penting yang ia lupa perhatikan saat menyewa kamar tersebut. Hal penting tersebut berkaitan dengan ketentuan merokok di area apartemen.

Marshall menyadari bahwa apartemen tempatnya menginap memperbolehkan tamu untuk merokok. Akan tetapi, ia berpikir bahwa aktivitas merokok hanya diperbolehkan di area balkon yang terbuka. Nyatanya, para tamu lain di apartemen tempatnya menginap kerap merokok di dalam apartemen. Bahkan, merokok dalam kondisi jendela tertutup sehingga aroma asap rokok menyebar di seluruh ruangan apartemen.

Lantaran aroma asap rokok yang sangat mengganggu, Marshall memilih untuk menghabiskan sebagian besar waktunya di luar apartemen. Ia pun tak bisa berbuat banyak selain meminta pemilik apartemen untuk memberitahu para tamu lain agar membuka jendela ketika merokok.

Berdasarkan pengalaman ini, Marshall menganjurkan orang-orang untuk lebih teliti dalam membaca keterangan atau aturan yang berlaku di sebuah penginapan sebelum memesannya. Hal ini sebaiknya dilakukan, terlebih oleh keluarga yang memiliki anak-anak kecil.

Bila tak merasa keberatan menginap di tempat yang memperbolehkan merokok dalam ruangan, Marshall mengatakan ada satu hal lagi yang perlu dicek. Pastikan tempat menginap tersebut memiliki fasilitas yang dapat menunjang keamanan, seperti alarm asap.

Secara umum, Airbnb menerapkan aturan yang melarang aktivitas merokok di area penginapan, kecuali mendapatkan izin dari pemilik tempat penginapan. Aktivitas merokok ini mencakup rokok konvensional hingga rokok elektrik.


(dpy)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama