Backpacker Berpengalaman Ini Berbagi Trik Agar Bisa Melancong Hemat Bahkan Gratis

Tips solo traveling/ilustrasi. (foto: pixabay)


Seorang backpacker solo yang telah mengunjungi 40 negara, Claire Sturzaker, membagikan trik untuk bepergian secara hemat kepada traveler lainnya yang ingin menjelajah dunia tanpa menguras isi kantong. Sturzaker dikenal di Instagram sebagai Tales of a Backpacker. Ia merupakan seorang pelancong penuh waktu yang telah menjelajahi 40 negara.

Sturzaker juga menulis blog tentang pengalamannya dan berbagi tips dengan komunitas wisatawan di seluruh dunia. Wanita asal negara Inggris ini sering melakukan perjalanan sendirian alias solo traveler.

Petualangannya dimulai ketika Sturzaker berusia 19 tahun, saat ia melakukan perjalanan solo pertama ke sebuah peternakan di Wisconsin, Amerika Serikat. Di sana, ia menghabiskan musim panas, bekerja di peternakan, dan mendapatkan upah sepadan.

"Saat saya melakukan awal perjalanan backpacking ini, saya benar-benar tidak mampu menjangkau biayanya,” ujar Sturzaker tentang perjalanan awalnya, dilansir dari Business Insider, Sabtu (23/9/2023).

Sekitar 20 tahun kemudian, Sturzaker masih menjelajahi dunia dan tetap berusaha menghemat uang atau bahkan mendapat hal-hal gratis selama perjalanannya.

Berikut trik yang dibagikan oleh Sturzaker untuk menghemat perjalanan:

1. Program Pertukaran Kerja

Sturzaker merekomendasikan mencari program untuk dapat bekerja beberapa jam sehari sebagai imbalan untuk akomodasi dan fasilitas lainnya. Ini dapat membantu menghemat biaya akomodasi saat bepergian.

2. Menjaga Hewan Peliharaan dan Rumah

Bagi yang lebih suka tinggal sendiri daripada di hotel, Sturzaker merekomendasikan untuk menjaga rumah dan menjaga hewan peliharaan. Ini dapat memberikan akomodasi gratis, tetapi harus siap untuk bertanggung jawab atas hewan peliharaan dan rumahnya.

3. Manfaatkan Aktivitas Gratis

Sturzaker menyarankan untuk menghabiskan waktu luang menjelajahi destinasi dengan melakukan hal-hal gratis seperti tur gratis, museum gratis, atau hanya berinteraksi dengan penduduk setempat. Aktivitas semacam ini dapat memberikan pengalaman berharga tanpa menghabiskan banyak uang.

Sturzaker juga menekankan, perjalanan tidak selalu harus mahal untuk menjadi pengalaman yang luar biasa. Kadang-kadang, hal-hal sederhana seperti berbicara dengan orang lain atau berinteraksi dengan penduduk setempat dapat memberikan pengalaman yang jauh lebih berharga daripada menginap di hotel mewah.



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.