Home > Serba Serbi

Kisah Goro Miura, Mantan Anggota Klan Samurai yang Membunuh Ratu Korea Permaisuri Myeongseong

Pada sekitar jam 6 pagi tanggal 8 Oktober 1895, Ratu Min, permaisuri raja Korea Gojong, dibunuh oleh sekelompok agen Jepang di bawah pimpinan Miura Goro.
Jenderal Miura Goro. (Foto: wikipedia)
Jenderal Miura Goro. (Foto: wikipedia)

Pada sekitar jam 6 pagi tanggal 8 Oktober 1895, Ratu Min, Permaisuri Raja Korea Gojong, dibunuh oleh sekelompok agen Jepang di bawah pimpinan Miura Gorō. Setelah kematiannya, ia secara anumerta diberi gelar "Permaisuri Myeongseong".

Serangan itu terjadi di Istana Kerajaan Gyeongbokgung di Seoul, Joseon, dan dikenal di Korea sebagai Insiden Eulmi. Lebih dari 20 pria berpakaian aneh, dengan pedang terhunus, menghambur ke Paviliun Okho-ru di dalam kompleks Istana Gyeongbokgung.

Di sana, tinggal Maharani Myeongseong, istri Raja Gojong, penguasa Korea ke-26 dari Dinasti Joseon. Para penyerang, dari Resimen Hullyeondae dan para ronin Jepang, dipimpin oleh Letkol Woo Beomseon, menebas 3 perempuan yang mereka duga sebagai wanita utama yang menyamar, salah satunya memiliki bekas cacar air pada pelipis yang merupakan ciri khas sang ratu.

Di masa terjadinya insiden Eulmi, Korea berada di bawah kepemimpinan Raja Gojong dan istrinya, Ratu Min. Raja Gojong adalah raja ke-26 dinasti Joseon dan bersama istrinya, mereka menjadi kaisar dan permaisuri pertama Korea pada saat itu.

Meskipun secara resmi dipimpin oleh Kaisar Gojong, kekuasaan sebenarnya berada di tangan Raja Heung Sun, ayahnya, yang membuat keputusan besar. Kaisar Gojong sering kali menyetujui apa pun yang disarankan dan dilakukan oleh Raja Heung Sun.

Selama pemerintahan mereka, hubungan Korea dengan beberapa negara mengalami ketegangan, terutama dengan Jepang dan Rusia. Raja Heung Sun, yang ambisius, berusaha mencari dukungan Jepang, sementara menantunya, Permaisuri Myeongseong, yang aktif dalam pemerintahan, tidak mempercayai Jepang dan lebih memilih untuk menjalin kerja sama dengan Rusia.

Goro Miura lahir di Hagi di Domain Chōshū ( Prefektur Yamaguchi modern ), dari keluarga samurai dengan nama Andō, namun diadopsi oleh Miura yang merupakan nama keluarga ayah mertuanya. Setelah belajar di akademi militer klan Meirinkan , ia bergabung dengan milisi tidak teratur Kiheitai di domain Chōshū dan memainkan peran aktif dalam Perang Boshin untuk menggulingkan Keshogunan Tokugawa . Dia bertarung di Pertempuran Hokuetsu .

Klan Ando (安東) adalah keluarga samurai, yang memerintah secara luas dari wilayah Tsugaru di Provinsi Mutsu, terletak di wilayah paling utara di sisi Laut Jepang Honshu hingga Negara Akita di Provinsi Dewa, selama Jepang abad pertengahan. Klan tersebut juga disebut klan Tsugaru Ando (安藤). Nama keluarga asli klan tersebut adalah klan Abe (Provinsi Oshu).

Pada periode Kamakura, klan ini mengambil posisi Ezo kanrei ( asisten Shogun wilayah bagian utara Jepang pada periode Kamakura ) sebagai Miuchibito (pengikut pribadi Tokuso [ kepala patrimonial dari cabang utama klan Hojo] ), dan pada periode Muromachi, tampaknya telah dimasukkan ke dalam fuchishu Kyoto , dan kemudian menjadi Sengoku daimyo (penguasa teritorial Jepang pada periode Sengoku). Baru-baru ini, mereka memproklamirkan diri sebagai 'klan Akita' dan bertahan sebagai daimyo , dan setelah Restorasi Meiji diberi gelar viscount.

Mengenai penulisan namanya 'Ando', dalam catatan sejarah tersebut umumnya disebutkan sebagai, marga tersebut menggunakan sebutan '安藤 (Ando) marga' pada masa Kamakura hingga masa Pengadilan Utara dan Selatan ketika marga tersebut menetap di Wilayah Tsugaru, ketika menetap di wilayah Akita pada pertengahan periode Muromachi dan setelahnya, denominasinya kemudian ditulis 'klan 安東 (Ando),' dan oleh karena itu, nama keluarga masing-masing klan hingga pertengahan abad ke-15 akan ditulis sebagai '安藤 (ANDO)' dan setelah itu akan ditulis sebagai '安東 (ANDO),' dan demi kesederhanaan, nama marga akan selalu ditulis sebagai marga 'Ando'.

Goro Miura memegang berbagai jabatan di Kementerian Angkatan Darat-Angkatan Laut di bawah pemerintahan Meiji dan menjadi komandan Distrik Hiroshima . Dia membantu menekan Pemberontakan Hagi di negara asalnya, Chōshū. Selama Pemberontakan Satsuma, ia menjabat sebagai komandan Brigade Ketiga Angkatan Darat selama Pertempuran Tabaruzaka . Pada tahun 1882, Miura diangkat menjadi komandan Akademi Angkatan Darat Kekaisaran Jepang.

Pada tahun 1884, ia menemani Ōyama Iwao dalam tur keliling Eropa , mempelajari sistem militer di berbagai negara barat, dan menyukai organisasi tentara yang meniru Prancis, dan sekembalinya ia menjadi komandan Garnisun Tokyo.

Namun, Miura semakin mengalami konflik dengan pimpinan Angkatan Darat di bawah Jenderal Yamagata Aritomo mengenai kebijakan wajib militer, kebutuhan akan pasukan tetap dalam jumlah besar, dan pengamanan aset Kantor Kolonisasi Hokkaidō oleh pemerintah, serta favoritisme Aritomo terhadap tentara. meniru model Prusia.

Yamagata dan Pangeran Arisugawa memblokir tindakan Kaisar Meiji yang menunjuk Miura sebagai Kepala Staf Kementerian Angkatan Darat pada tahun 1886, dan dia dipindahkan dari Tokyo ke Garnisun Kumamoto. Miura mengundurkan diri daripada menerima penurunan pangkat tersebut, namun tetap menjadi kritikus yang blak-blakan terhadap Yamagata dan arahan yang diambilnya untuk Tentara Kekaisaran Jepang.

Miura menjadi anggota terkemuka Getsuyōkai , sebuah asosiasi persaudaraan tentara yang didirikan oleh lulusan pertama Akademi Angkatan Darat yang sebagian besar adalah orang Prancis. Meskipun tujuan utama Getsuyōkai adalah untuk mendorong penelitian mengenai perkembangan militer terkini, di bawah jurnal asosiasi Miura, Getsuyōkai kiji , menerbitkan kritik pedas terhadap Yamataga dan pemimpin militer lainnya, dan mempromosikan konsep pasukan kecil dan defensif.

Tersengat oleh kritik yang tak henti-hentinya, Yamagata memerintahkan Miura menjadi cadangan sekunder dan memerintahkan pembubaran Getsuyōkai pada tahun 1889.Miura, yang telah diangkat ke gelar shishaku ( viscount ) di bawah sistem gelar bangsawan kazoku pada tahun 1884, diangkat menjadi anggota House of Peers dari tahun 1890, dan menjadi presiden Gakushuin Peers School dari tahun 1892.Pada bulan September 1895, Miura diangkat menjadi menteri residen Jepang di Korea , menggantikan Inoue Kaoru.

Baca selanjutnya...

× Image