Ini Lima Trik Agar Anak Bisa Makan Sendiri

(Anak makan/ilustrasi/Foto: pixabay)

Setelah seorang anak melewati fase disuapin saat makan, siapa pun orang tua tentu ingin anaknya bisa makan secara mandiri. Apalagi ketika si anak sudah melewati usia balita.

Sebuah kesenangan tersendiri bagi orang tua jika melihat sang anak mau makan sendiri dengan lahap dan teratur. Namun tak semua anak bisa seperti itu.

Tetap harus ada pengenalan tata cara dan pola makan kepada anak agar ia dapat makan dengan mandiri, teratur, dan benar. Berikut lima langkah pengenalan tata cara makan berdasarkan pengalaman sejumlah orang tua terhadap sang buah hati.

1. Makanan dalam porsi kecil atau sesuai keinginan anak. Jika kurang anak boleh menambah. Hal itu untuk menghindari pemborosan jika makanan yang diberikan tidak habis atau terbuang.

2. Mengatur jadwal makan agar anak terbiasa disiplin makan tepat waktu. Orang tua bisa membantu anak memahami rasa lapar dengan membuat jadwal makan yang teratur. Anak juga dicoba untuk menghabiskan makanan dalam tempo 30 menit. Orang tua sebaiknya tak memberikan makanan selingan atau camilan, jus, dan susu tiga sampai empat jam sebelum jam makan.

3. Menciptakan suasana yang menyenangkan dan membuat proses makan menjadi menyenangkan. Pada saat pemberian makan, berikanlah makanan secara langsung dan sebaiknya tetap didampingi saat anak berusaha makan sendiri.

4. Kesabaran dan kelembutan untuk mendorong anak bersedia makan. Tentu bukan dengan paksaan. Orang tua bisa sambil mengajak anak bicara saat memberi makan dan melakukan kontak mata. Jika sudah agak besar, biarkan saja anak membantu saat masak atau menyiapkan makanan, itu akan membuat anak lebih semangat untuk makan.

5. Hindari hal-hal yang bisa mengalihkan perhatian anak saat makan. Seperti menonton main game, menonton televisi, dan bermain dengan teman. Bila anak menolak makan, orang tua bisa mencoba memberikan makanan lain dengan tekstur dan rasa berbeda.

(Dinar K Dewi)
loading...

No comments