Resep Jitu Jika Anak Alami Kebosanan

Rasa bosan tak jarang menghampiri siapa saja yang terlalu melakukan kegiatan rutin setiap hari, termasuk bagi anak-anak. Pandemi Covid-19 membuat anak-anak tidak bisa bermain di luar rumah atau pergi ke sekolah. Walhasil, banyak anak mengeluh bosan lantaran terus-menerus berada di dalam rumah.

Menghadapi situasi demikian, biasanya orang tua cenderung langsung mencarikan solusi kebosanan yang terjadi pada anaknya. Tentu hal itu tak salah. Namun orang tua dituntut harus memutar otak untuk mencari cara agar anak betah berada di rumah.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengusir rasa bosan sang buah hati.

- Mendengar keluhan anak

Sebaiknya orang tua hadir untuk mendengarkan terlebih dahulu apa yang dirasakan anak. Hal ini merupakan bentuk fungsi atau peran orang tua sebagai pendamping anak. Orang tua bisa duduk di sampingnya dan menanyakan mengapa anak merasa bosan. Orang tua sebaiknya mengajak obrol anaknya dan menanyakan apa yang membuat anak bosan. Dari situ, anak akan bercerita dan orang tua bertugas untuk mendengarkan dan memahami perasaan anak. Sebab, terkadang anak hanya butuh didengarkan dan dipahami bahwa dia sedang tidak dalam suasana yang enak.

- Biarkan anak mengeluarkan emosinya

Jika anak mengalami bosan sampai menangis, orang tua disarankan membiarkan anak menangis terlebih dahulu. Sebaiknya, orang tua tidak melarang anak untuk mengeluarkan emosi.

- Berolahraga bersama anak

Rutin berolahraga sambil berjemur baik untuk menjaga kesehatan tubuh anak serta memperkuat tulang dan daya tahan tubuhnya. Ingat, walaupun hanya di rumah, usahakan agar anak tetap aktif bergerak supaya tubuhnya sehat dan terhindar dari obesitas.

- Berkreasi lewat seni

Menggambar dan mewarnai bersama bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk mengusir kejenuhan anak. Selain mengajari anak untuk berkreasi dengan warna dan bentuk, menggambar dan mewarnai juga bisa membangun rasa percaya diri anak, melatih imajinasinya, dan membuatnya gembira. Tak hanya menggambar, orang tua juga bisa mengajak anak bermain musik, bernyanyi, dan menari bersama.  

- Menonton film favorit

Mengajak anak menonton film kesukaannya juga bisa menjadi solusi agar anak tidak bosan di rumah. Sembari menemani anak menonton film, orang tua dapat mengajarinya hal-hal baik yang bisa dipetik dari film tersebut.

(nnn)

No comments