Rekomendasi 3 Channel Youtube Belajar Bahasa Jepang untuk Pemula

                                            Channel Youtube Mizukashi Nihonggo.
 

   
Bahasa Jepang atau Nihonggo adalah bahasa resmi di Jepang dengan jumlah penutur 128 juta jiwa di seluruh dunia. Bahasa Jepang juga dipertuturkan di sejumlah negara yang pernah menjadi jajahannya, seperti Korea Selatan dan Tiongkok.

Bahasa ini juga dituturkan di Amerika Serikat (di California dan Hawaii) dan Brasil akibat imigrasi orang Jepang ke sana. Namun, keturunan mereka yang disebut nisei (二世), tidak lagi fasih dalam bahasa tersebut.

Bahasa Jepang terbagi menjadi dua bentuk yaitu Hyoujungo (標準語), "pelafalan standar", dan Kyoutsugo (共通語), "pelafalan umum". Hyoujungo adalah bentuk kata/pelafalan yang diajarkan di sekolah dan digunakan di televisi dan tempat formal lainnya.

Bagi anda yang memiliki tujuan untuk bekerja dan belajar di Jepang atau sekadar menonton anime tanpa subtitile inilah 3  rekomendasi channel YouTube untuk belajar bahasa Jepang.

 

1. Nihonggo Mantappu

Sudah tak perlu lagi rasanya menjelaskan channel youtube satu ini, Jerome Polin  adalah seorang YouTuber, selebriti internet, dan pengusaha berkebangsaan Indonesia yang sangat beken.

Jerome dikenal setelah memulai kanal YouTube bernama Nihongo Mantappu yang membagikan kehidupan pribadinya sebagai mahasiswa Indonesia di Jepang dan tips belajar bahasa Jepang untuk pemula mulai dari pengenalan Hiragana, Katakana dan Kanji.

2. Wagomu Japanesse Class

Kak Amanda dan Hikaru yang cantik dan ramah dengan pembawaan yang tak membosankan adalah yang paling cocok untuk siapapun yang berminat belajar Bahasa Jepang, tapi bingung mau mulai dari mana dan belum memahami Bahasa Jepang sama sekali.

Metode mereka dalam membantu penonton mengingat huruf Kanji, Hiragana dan Katakana juga sangat efektif, yaitu menghubungkan huruf huruf tersebut dengan benda benda yang ada di sekeliling kita.

Dalam materi pembelajaran di Playlistnya  Kak Amanda dan Hikaru selalu mampu membuat Bahasa Jepang yang sebenarnya sulit menjadi lebih mudah dicerna dan dipahami dengan menggunakan lagu, anime, kartu visual dan sebagainya.

Untuk penonton baru, Kak Amanda memulai pelajaran di playlistnya dengan materi dasar dalam Bahasa Jepang seperti "Kotoba" atau percakapan sehari hari Bahasa Jepang, mengenal nama nama hari dan angka dalam Bahasa Jepang dan Pribahasa Jepang. Mereka juga membagikan tips lowongan kerja  dan pengalaman kerja di Jepang.

3. Mizukashi Nihonggo  

Jika Wagomu Japanesse Class lebih banyak mengajarkan materi dasar, Nasrul atau yang lebih akrab disapa Narru Sensei biasanya memberikan materi yang lebih rumit di channelnya dibandingkan dua channel sebelumnya, seperti perbedaan Kanji Onyomi dan Kunyomi, Pola Kalimat, serta tingkat kesopanan dalam Bahasa Jepang.

Kelebihan dari channel ini adalah penonton dapat berinteraksi langsung dengan Narru Sensei melalui kolom komentar dan Narru Sensei sendiri yang akan mengoreksi jawaban jawaban penonton, Narru Sensei sendiri sangat aktif dan interaktif dengan penontonnya dan memberikan jokes receh di akhir video untuk mendinginkan suasana  setelah pusing dengan materi.

Metode kesukaan saya dalam mengajari huruf kanji melalui youtube shorts adalah menggambar suatu huruf kanji dengan spidol dan mengubah coretannya untuk menghasilkan kanji baru yang terlihat mirip dengan sebelumnya.

Dalam channel Youtubenya Mizukashi Nihonggo, Narru Sensei mengaku dia merupakan lulusan Universitas Nagoya,  sejak sekolah mengengah dia sering mengantongi penghargaan Kanji Cup selama 10 tahun belajar Bahasa Jepang.


(Damar Pratama Yuwanto)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.