Ini Manfaat Anak Bermain dengan Teman Sebaya

(Anak-anak bermain air dengan teman sebaya/Foto: Pixabay)

Apa kegiatan sehari-hari yang paling disukai anak-anak? Pertanyaan yang gampang dijawab ya. Sudah menjadi rahasia umum, bermain adalah kegiatan yang paling disukai anak-anak.

Di balik keriaan itu, bermain ternyata penting bagi tumbuh kembang. Lewat bermain, sesungguhnya sang anak belajar banyak hal.

Banyak anak yang sehari-hari berada di antara orang-orang dewasa di rumahnya. Sehari-hari anak berhadapan dengan ayah, ibu, tante-om, kakek-nenek, atau asisten rumah tangga. Terkadang rumah pun berada di lingkungan yang tak banyak anak.

Padahal, ada beberapa perbedaan dan keuntungan antara bermain dengan teman lebih tua, sebaya, dan lebih muda. Bermain dengan teman lebih tua, anak akan belajar mengikuti, memantau, mencontoh, dan lain sebagainya.

Bermain dengan teman lebih muda, membuat anak akan belajar menjadi pemimpin, mengayomi, dan menjaga. Adapun bermain dengan teman sebaya menjadikan anak belajar berinteraksi setara.

Saat bermain dengan teman-teman sebayanya, sebetulnya anak bisa dilepas secara alamiah. Akan tetapi orang tua selalu perlu tahu apa yang dilakukan anak-anak yang sedang bermain bersama dan di mana mereka melakukan kegiatannya. Jangan sampai ternyata anak-anak melakukan kegiatan yang berbahaya, saling bertengkar, atau saling menyakiti.

Berikut ini beberapa manfaat bagi anak bermain bersama teman sebaya yang dirangkum dari beberapa pendapat psikolog anak.

- Sarana sosialisasi. Saat bermain masak-masakan bersama teman-temannya, misalnya, anak belajar berbagi, bergantian memakai alat, dan bekerja sama membuat sesuatu dan berinteraksi.

- Belajar membuat keputusan. Anak memutuskan bahan apa yang akan dimainkan dan bagaimana cara memainkannya. Nantinya, keterampilan memutuskan sesuatu akan mengasah rasa percaya diri si kecil.

- Mengembangkan kemampuan berbahasa. Saat bermain, si kecil akan mendengar dan berbicara tentang apa yang dilakukannya. Ia bisa belajar menggunakan kosa kata baru, menjelaskan apa yang sedang dilakukan, serta menggunakan mimik dan gestur.

- Mengembangkan kemampuan dan kecerdasan. Selain mendapatkan kesenangan, lewat bermain anak-anak belajar banyak hal dan mengembangkan semua aspek kemampuan serta kecerdasannya. Termasuk stimulasi panca indra, mengasah kemampuan motorik halus, koordinasi mata dengan tangan, melatih konsentrasi, memperluas pengetahuan, dan mengasah kreativitas dan daya imajinasi.

Jadi bunda-bunda yang hebat, tak ada salahnya untuk mengizinkan anak bermain dengan teman sebayanya, asalkan semua tetap dalam pengawasan kita sebagai orang tua. Salam.

(Dinar K Dewi)
loading...

No comments