Bisnis Online di Tengah Pandemi

Bisnis Online

 

Dunia saat ini sedang dilanda pandemi corona (Covid-19) sejak Maret 2020. Entah sampai kapan pandemi ini akan berakhir, belum ada yang bisa memastikannya.

Pandemi mengharuskan semua orang untuk menerapkan social dan physical distancing alias menjaga jarak dengan beraktivitas dari rumah saja atau secara online, mulai dari belajar, bekerja (work from home), hingga beribadah. Pandemi corona menjadi tantangan berat bagi banyak sektor, termasuk sektor bisnis.

Terbatasnya ruang gerak mengakibatkan banyak pebisnis yang mengatur ulang strategi bisnisnya demi bisa bertahan. Mulai dari melakukan penerapan kerja jarak jauh, mengubah pola bisnis, hingga menangkap peluang bisnis online. Bisnis online yang dilakukan tanpa melalui tatap muka secara langsung dianggap sebagai salah satu cara yang tepat untuk bertahan di tengah pandemi.

Tak heran jika penjualan bisnis online secara umum diprediksi meningkat selama pandemi corona karena banyak orang yang berdiam diri di rumah cenderung menjadi konsumtif. Tak hanya itu, terkadang belanja secara online pun menjadi alternatif untuk mengusir rasa bosan.

Tidak dapat dimungkiri bahwa dunia online tidak hanya digunakan sebagai media berbagi informasi, namun lebih dari itu, internet telah merambah menjadi ladang uang yang mampu memberikan pendapatan bagi yang menggelutinya. Internet telah memberikan kesempatan bagi siapa pun, tidak memandang usia ataupun jabatan, untuk membangun sebuah bisnis yang memiliki jaringan ke seluruh dunia.
   
Melansir dari Reuters, bahkan Amazon, situs jual beli di Amerika Serikat, belum lama ini merekrut sekitar 75 ribu orang untuk dipekerjakan, mulai dari staf gudang hingga pengantar barang karena pesanan online yang meningkat.

Prof Gil H Park, pengamat kebijakan dan komunikasi strategis dari Universitas Daegu, Korea Selatan, menilai aktivitas perekonomian berbasis teknologi informasi atau online akan memainkan peranan lebih penting dalam kondisi pandemi Covid-19. Menurut dia, pandemi ini bukan hanya sekadar ancaman namun peluang agar lebih beradaptasi dan bertransformasi di sektor perekonomian. Hal tersebut perlu dilakukan mengingat aktivitas perekonomian berbasis teknologi informasi atau online akan memainkan peran lebih penting pada waktu mendatang.

Bagi yang tertarik berbisnis secara online, maka inilah saatnya untuk memaksimalkan peluang yang ada. Di era digital saat ini, bisnis online dapat dijalankan dengan sangat mudah. Ada banyak pilihan yang tersedia, mulai berbisnis menggunakan media sosial hingga membuat website.

Tentu kunci utama yang pertama kali harus dimiliki adalah sebuah wadah untuk melakukan bisnis online. Wadah tersebut berupa website. Ada banyak keuntungan yang didapat saat menggunakan website untuk bisnis online. Selain mudah diakses, website juga dapat memuat berbagai informasi yang lengkap dan terperinci. Karena itu, memiliki website menjadi kebutuhan penting bagi setiap pebisnis.

Kini, semua hal yang belum terkoneksi secara online di internet akan semakin tertinggal. Bisnis konvensional dan toko fisik sudah semakin tergantikan oleh marketplace dan toko online. Dengan website, seorang penjual dapat melakukan interaksi dengan calon pembeli tanpa batas waktu dan tempat. Dalam arti dapat menjangkau market secara lebih luas. Selain itu, website dapat digunakan sebagai katalog atau portal informasi produk yang lengkap serta menawarkan kemudahan dalam bertransaksi.

Untuk apa sebuah bisnis online harus mendirikan website? Mengapa pada kenyataannya tidak cukup menggunakan saluran lain saja tanpa website? Seperti dituliskan sebelumnya, saluran lain bukanlah buatan sang pebisnis, tidak bebas dikostumisasi, dan tidak mencerminkan praktik bisnis yang dijalankan. Paling tidak, website memiliki peran yang tak tergantikan. Ini poin-poin manfaat memiliki website.

-  Peningkatan kredibilitas

Pelanggan lebih yakin akan transparansi siapa yang berada di balik bisnis tersebut. Pelanggan pun menilai bahwa sang pebisnis lebih berniat dan bermodal dibandingkan yang hanya menggunakan media sosial, e-commerce, atau personal chat, yang mudah dan bisa kabur kapan saja.

- Media layanan pelanggan

Dibandingkan mengumpulkan pelanggan yang merasa memiliki masalah melalui layanan pelanggan berbasis fisik, telepon, media sosial, atau personal chat yang ujung-ujungnya membuat masalah bertumpuk dan berserakan, lebih baik masalah dikumpulkan melalui satu pintu yaitu website. Disediakan pula petunjuk singkat untuk masalah-masalah sederhana yang bisa diselesaikan sendiri oleh pelanggan.

- Menghemat pengeluaran promosi

Tinggalkan promosi konvensional melalui berbagi brosur, media massa, atau iklan di situs-situs ternama karena sasaran pasarnya terbatas dan biayanya mahal. Dengan membuat website sendiri, pebisnis hanya memerlukan biaya pembuatan dan pemeliharaan yang nilainya sangat murah.
    
- Portofolio yang up-to-date dan mudah diakses

Pebisnis bisa dengan mudah mengelompokkan produk dan prestasi berdasarkan kriteria yang dikehendaki serta memperbaruinya dengan cepat. Pelanggan bisa membacanya kapan pun dan di mana pun.

- Menjangkau pelanggan lebih luas

Website bisnis bisa menjangkau wilayah pasar yang lebih luas karena memiliki ruang dan waktu yang tidak terbatas.

Setelah memahami alasan dan manfaat pentingnya sebuah website bisnis, wajar bila para pemilik bisnis berlomba-lomba membuat website yang bagus, unik dan menarik, user friendly, serta memiliki kecepatan akses yang tinggi. Namun demikian, sebelum membangun bisnis online dengan membuat website, sebaiknya mengenal dulu istilah hosting dan domain.

Hosting adalah tempat untuk meletakkan file website. Apabila website diibaratkan sebuah bangunan rumah, hosting adalah kavling tanah yang dipetak-petak tempat dibangunnya rumah. Adapun domain adalah nama alamat dari bangunan atau rumah itu.

Dalam membangun sebuah website bisnis ada beberapa hal penting yang dibutuhkan sehubungan dengan hosting, antara lain:

- Menyediakan pembuatan website yang mudah

- Bisa menghubungkan database dengan aplikasi lain di luar hosting 

- Memiliki storage lebih besar serta resource yang dapat diandalkan 

- Memiliki kecepatan ekstra dan dapat meningkatkan kinerja aplikasi PHP 

- Menawarkan harga hosting murah

- Menyediakan kecepatan yang tinggi 

- Memenuhi kebutuhan akun email tanpa batas

- Bisa memasukkan lebih dari satu domain ke dalam hosting  

Lantas bagaimana memulainya? Cek saja di Qwords. Ia adalah salah satu web hoster yang perlu diperhitungkan dan terpopuler di Indonesia. Qwords didirikan pada Juli 2005 oleh Rendy Maulana ketika ia masih kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Sekarang Qwords telah menjelma sebagai perusahaan web hosting besar karena memiliki jumlah pelanggan terbanyak keenam di Indonesia versi HostAdvice.

Qwords, perusahaan penyedia layanan web hosting yang dipercaya oleh lebih dari 45 ribu pengguna di dalam dan di luar negeri, selama ini sudah berhasil menjawab kebutuhan pelanggannya untuk membeli domain bisnis online. 

Untuk kebutuhan bisnis online, Qwords sebagai penyedia paket Cloud Hosting Indonesia selalu siap memberikan yang terbaik kepada semua pelanggannya. Sehingga memenuhi standar bisnis online yang mencerminkan banyak hal. Pengunjung bisa melakukan dan cek domain di website itu. Bagaimana kualitas bisnis tersebut. 

Dari cerminan inilah, pelanggan akan memutuskan apakah sudi berbelanja produk dan sebesar apa pelanggan mau mengeluarkan uang. Hal serupa terjadi ketika ada investor yang ingin mengakselerasi pertumbuhan bisnis, apakah bisnis ini prospektif, dikelola dengan baik, dan seberapa besar dana yang bisa ditempatkan di sini.

(nnn)

No comments