Ingat, Ini Camilan yang Cocok Bagi Penderita Asam Lambung

Sereal Nutify

Asam lambung bisa dibilang penyakit yang menyebalkan. Bagaimana tidak, ini lantaran ia memang bisa menyerang siapa saja tanpa memandang bulu.

Asam lambung terkadang disepelekan, namun apabila didiamkan atau tidak dianggap, tentu akan membuat penderitanya semakin terganggu. Gejalanya macam-macam, mulai dari perut sakit, kembung, dada sesak, sampai sakit tenggorokan. Bahkan, ada beberapa sumber yang menyebutkan jika asam lambung juga bisa menyebabkan radang sinusitis.

Bagi Anda yang telah mengetahui bagaimana gejala lambung dan penyebabnya, sebaiknya mulai menjaga pola makan dan memilih lagi makanan yang disantap. Khususnya jika Anda suka ngemil, maka pilihlah camilan yang tepat bagi Anda yang menderita asam lambung.

Camilan untuk Penderita Asam Lambung


Orang yang menderita asam lambung memang tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang berlemak tinggi, alergenik, dan juga makanan asam ataupun makanan pedas. Justru, penderita asam lambung dianjurkan untuk meningkatkan konsumsi makanan yang tinggi serat, tinggi protein, dan makanan yang mengandung banyak lemak sehat.

Jika Anda mengkonsumsi makanan yang salah seperti yang disebutkan di atas, justru dapat menyebabkan timbulnya sensasi nyeri dan ketidaknyamanan pada area perut yang juga bisa menyebar sampai ke kerongkongan. Anda hanya perlu menghindari makanan yang berlemak, pedas, asam, dan juga jangan dengan porsi yang banyak. Sedikit tapi berkali-kali. Lalu, kira-kira apa saja sih camilan yang memang nyaman untuk lambung? Berikut adalah ulasan camilan untuk penderita asam lambung.


1. Buah-Buahan


Buah bisa dijadikan camilan sehat untuk penderita asam lambung. Tersedia begitu banyak pilihan buah-buahan yang dapat dijadikan sebagai cemilan untuk penderita asam lambung. Beberapa di antaranya, apel, alpukat, semangka, pir, pisang, pepaya, dan juga buah beri. Buah-buahan ini selain memiliki rasa yang nikmat, terdapat juga kandungan dengan sejumlah nutrisi, mineral, dan senyawa antioksidan. Semuanya ini dapat membantu meredakan peradangan sekaligus mengurangi risiko komplikasi dari gangguan pencernaan yang mungkin saja bisa terjadi karena asam lambung yang berlebih.

2. Kacang-Kacangan


Kacang-kacangan, seperti kacang almond, kacang merah, dan termasuk juga kacang rebus bisa juga dijadikan camilan untuk penderita asam lambung sebagai makanan saat sedang bersantai di rumah. Hal ini lantaran dalam kacang-kacangan terkandung serat yang cukup tinggi yang begitu baik bagi kesehatan sistem pencernaan Anda. Karena itu, membeli kacang almond sangat cocok untuk menjadi camilan sehat bagi penderita asam lambung.

Sebuah studi yang pernah dilakukan oleh Harvard School of Public Health-pun juga menyatakan bahwa diet dengan tinggi serat dapat dikaitkan dengan penurunan risiko terhadap penyakit maag atau gastritis sampai 60 persen! Angka yang cukup signifikan dan memang menjadi kabar baik untuk penderita asam lambung.

Ditambah lagi dengan kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak omega-3, terutama pada superfood kacang almond, juga sudah terbukti efektif dalam mengurangi risiko penyakit jantung. Hasil serupa ditemukan pula pada biji-bijian seperti chia seed atau pun flaxseed.



Anda bisa mendapatkan semua camilan sehat ini dengan membeli produk dari Nutify Indonesia. Salah satunya, yaitu Nutify 7 Wonders Mix.

Di produk ini, Anda tidak hanya mendapatkan kacang almond, tetapi juga bisa mendapatkan manfaat dari kacang kenari, kacang macadamia, dan juga yang lainnya dalam satu kemasan ini. Produk di Nutify Indonesia sudah terbukti aman dikonsumsi karena tidak mengandung MSG dan juga bahan kimia lainnya. Dengan demikian, ibu hamil juga bisa mengonsumsi camilan sehat yang satu ini. Langsung beli produknya, ya! Mumpung lagi ada promo di bulan Juni 2020!

3. Makanan Probiotik


Kemudian adalah makanan probiotik. Makanan seperti yogurt, kefir, dan sejenisnya yang mengandung bakteri menguntungkan seperti Lactobacillus bulgaricus, ternyata juga bermanfaat dalam membantu mengontrol kadar asam lambung dan juga dapat mengurangi peradangan dengan secara signifikan. Yoghurt juga enak, loh, untuk dicampur dengan kacang almond atau kacang-kacangan lainnya, asalkan yogurt yang Anda pilih itu yogurt yang plain.

Ada sebuah hasil studi yang menunjukkan bahwa konsumsi makanan probiotik dapat membantu mengendalikan infeksi bakteri H. Pylori yang bisa ditemukan di lambung dan dapat memicu terjadinya gastritis maupun tukak lambung. Bagi Anda yang suka yogurt, beruntung sekali, karena rasanya enak, nyegerin, dan ternyata manfaatnya bagus sekali untuk lambung dan pencernaan!

4. Oatmeal

Selanjutnya adalah oatmeal. Makanan yang satu ini memang sangat sehat, selain bagus untuk diet menurunkan berat badan, makan oatmeal juga bagus untuk penderita asam lambung. Oatmeal merupakan pilihan makanan non-acidic yang bergizi, sehat dan kaya serat. Dengan demikian mampu mencegah timbulnya gejala nyeri dan juga panas di lambung. Satu cangkir oatmeal itu sendiri mengandung 7 sampai 9,8 gram serat dan dilengkapi juga dengan berbagai vitamin serta mineral penting yang dibutuhkan tubuh kita untuk mendapatkan energi yang cukup.

Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa menambahkan buah-buahan segar, seperti berry atau pisang agar rasanya menjadi lebih nikmat dan kaya. Namun, jangan Anda tambahkan buah asam, seperti jeruk atau kiwi yang justru dapat membuat iritasi pada lambung.


5. Salad


Yang selanjutnya salad. Sepertinya ini bukan camilan atau makanan yang asing di telinga. Seporsi salad yang terdiri dari kombinasi sayur-sayuran seperti wortel, salada, kentang rebus, buncis, mentimun, dan juga jagung manis bisa menjadi camilan lezat yang menyehatkan bagi para penderita asam lambung.

Anda juga bisa menambahkan irisan dada ayam atau ikan salmon panggang dan juga putih telur rebus. Untuk dressing-nya sendiri Anda bisa siramkan langsung dengan minyak zaitun, saus yoghurt atau saus kacang almond. Hmm, rasanya sudah dijamin nikmat, mengenyangkan dan sehat!

Satu lagi yang perlu Anda ingat, tidak semua sayuran itu bagus untuk penderita asam lambung. Anda harus menghindari brokoli, kol, dan juga kubis karena mengandung gas tinggi. Justru, itu dapat memperparah keluhan yang ada.

Masih banyak lagi camilan yang bisa Anda konsumsi apabila Anda adalah penderita asam lambung. Contohnya adalah biskuit jahe, mashed potato, puding lidah buaya, biskuit sari gandum, roti gandum utuh, dan sebagainya. Kuncinya adalah konsisten dan selalu berhati-hati dalam memilih makanan. Hindari jajan-jajanan yang mengandung banyak penyedap rasa atau MSG terutama mie instan. Sudah jelas, kandungannya dapat memicu asam lambung menjadi naik.

Kuncinya, Anda lebih baik konsumsi makanan berserat tinggi, kaya protein, dan juga lemak baik. Sebisa mungkin, hindari berbagai jenis makanan pemicu. Salah satu di antaranya seperti makanan berminyak dan juga berlemak jahat, misalnya gorengan dan junk-food, makanan dengan rasa asam atau pedas, minuman beralkohol, dan kafein.

Berbicara soal kafein, maka akan membicarakan minuman rakyat khas Indonesia seperti kopi atau teh. Banyak orang yang beranggapan tidak apa-apa mengonsumsi kopi apabila sebelumnya makan terlebih dahulu. Walaupun belum tahu bagaimana efeknya, namun lebih baik untuk menghindari sama sekali agar dapat mencegah keluhan menjadi lebih parah.

(Dinar K Dewi)


No comments