LinkCollider - Free Social Media Advertising

Metabolisme Buruk? Mungkin Kebiasaan Makan Seperti Ini Perlu Diubah

Sarapan bersama keluarga/ilustrasi (foto: Pixabay)

Rambut rontok, kulit kering, kelelahan, dan penambahan berat badan atau kesulitan menurunkan berat badan adalah beberapa gejala umum dari metabolisme yang lamban atau bahkan buruk. Jika ini sudah terjadi, ada langkah sederhana untuk mencegahnya. Salah satu yang utama adalah kebiasaan makan tertentu yang dapat diubah untuk membantu mempercepat laju metabolisme.

Lewat laman Eat This, Not That pada Kamis, 2 September 2021, Amy Goodson, penulis The Sports Nutrition Playbook, dan Lauren Harris-Pincus, pendiri NutritionStarringYOU.com dan penulis The Everything Easy Pre-Diabetes Cookbook, memberikan informasi tentang kebiasaan makan yang bisa menghambat atau memperburuk metabolisme tubuh.

1. Tak Dapat Cukup Kalori


Mengurangi kalori kadang bisa menjadi cara efektif untuk mencapai tujuan penurunan berat badan. Namun jika tidak mengonsumsi cukup kalori sepanjang hari, itu justru akan memperlambat metabolisme.

2. Tak Cukup Protein Sepanjang Hari


Protein yang cukup menjadi bagian penting untuk meningkatkan kesehatan metabolisme. Mengonsumsi makanan berprotein tinggi berkorelasi langsung dengan metabolisme keseluruhan yang lebih baik.

3. Kurang Makanan Berserat

Serat adalah komponen penting dalam merawat kesehatan metabolisme. Serat tak hanya membantu menjaga metabolisme yang sehat, tapi juga membantu melawan hal-hal seperti diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, dan bahkan kanker. Serat dapat membantu metabolisme dalam dua cara utama, yakni proses pencernaan dan dengan membuat kenyang. Manusia membutuhkan lebih banyak energi untuk diproses dan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang mengandung serat yang membantu tetap kenyang serta bergizi sepanjang hari.

4. Melewatkan Sarapan

Apa pun alasannya, sebaiknya sarapan pagi tak terlewatkan. Sarapan bisa mencakup makanan seperti telur dengan sayuran, oatmeal dengan selai kacang, yogurt dengan buah beri, atau bungkus sarapan dengan tortila gandum dengan telur, keju, protein tanpa lemak, sayuran, dan buah.

5. Terlalu Banyak Kalori di Malam Hari

Tidak perlu mengonsumsi makanan saat tidur, apalagi sebenarnya tubuh tak membutuhkannya karena pada gilirannya justru memengaruhi metabolisme tubuh.

(nnn)

Comments