Tips Liburan ke Luar Negeri Saat Pandemi Ala Raffi Ahmad

- November 05, 2021
advertise here
Raffi Ahmad dan istrinya, Nagita Slavina, saat berlibur. (foto: Instagram)

 

Raffi Ahmad kerap mengunggah video liburannya ke berbagai tempat, termasuk destinasi mancanegara, di kanal YouTube miliknya. Pandemi tak menghalangi langkah pesohor itu untuk bepergian.

Raffi beserta keluarga dan karyawannya baru-baru ini pergi ke negara Turki. Suami dari Nagita Slavina ini memberikan tips-tips untuk Anda yang ingin berlibur ke luar negeri di tengah pandemi Covid-19.

"Pengalamanku perjalanan di masa pemulihan pandemi begini kita benar-benar harus ekstra lebih hati-hati," kata Raffi dalam konferensi pers daring, awal November 2021.

Waspada dan hati-hati, ujar Raffi, tidak sama dengan menghilangkan keseruan selama liburan. Perjalanan bisa tetap menyenangkan dan seru. Hanya saja setiap orang harus betul-betul mencari penginapan yang aman dengan cara mencari tempat yang sesuai standar kesehatan saat ini.

Hal pertama yang harus diperhatikan, kata Raffi, adalah wajib mendapatkan vaksinasi Covid-19. Raffi merupakan salah satu pesohor yang pertama kali mendapatkan vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

Selanjutnya, kata Raffi, jangan lupa membaca regulasi yang berlaku di tempat tujuan liburan demi persiapan yang matang. Sebagai contoh, jika mendapatkan vaksin Sinovac, pastikan negara yang dituju menerima wisatawan dengan vaksin yang didapatkan.

Lalu, ikuti semua protokol kesehatan yang berlaku di manapun berada. Pengunjung wisata harus tetap disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun serta air mengalir.

"Pas saya ke Turki sudah ada yang cuek tidak pakai masker, jangan terbawa arus, kita harus tetap disiplin dan menjalani protokol kesehatan," ucap Raffi mengingatkan.

Kemudian, lanjut Raffi, pastikan semua dokumen yang dibutuhkan betul-betul sudah siap dan tidak tercecer. Faktor lain yang tak kalah penting adalah memastikan tubuh dalam kondisi yang sehat. "Kalau badan lagi kurang oke, jangan pergi," tegasnya.

Tak lupa, Raffi mengingatkan, menyisihkan uang alias menabung untuk mewujudkan liburan impian, tapi sesuaikan semuanya dengan kemampuan. "Jangan memaksakan diri untuk berlibur dengan menguras semua tabungan. Terakhir, ikuti semua aturan yang berlaku ketika pulang kembali ke Indonesia, termasuk karantina."

(nnn)

Advertisement advertise here