Menu
Jedadulu

Lowongan Beasiswa IISMA 2022 Kemedikbud untuk Cicipi Kuliah di Luar Negeri

Lowongan Beasiswa IISMA 2022 Kemedikbud.

 

Kementerian Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) membuka Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022.  Dikutip dari laman https://site.iisma.id/, IISMA adalah skema beasiswa Pemerintah Republik Indonesia untuk mendanai mahasiswa Indonesia untuk program mobilitas di universitas terkemuka di luar negeri.

Mahasiswa program sarjana dapat menghabiskan satu semester di universitas mitra luar negeri untuk belajar, merasakan budaya negara tuan rumah, dan melakukan tugas praktis untuk meningkatkan keterampilan.

Program IISMA ini dikelola secara terpusat oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Dikti), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud). IISMA terbuka untuk mahasiswa program sarjana dari seluruh Perguruan Tinggi Indonesia di bawah Ditjen Dikti.


Keuntungan Ikut IISMA:

20 Kredit

Nantinya mahasiswa akan mendapatkan 20 SKS (satuan kredit semester) yang akan ditransfer ke universitas tempat asal kuliah di Indonesia untuk memastikan tidak akan tertinggal karena mengikuti program IISMA di universitas tuan rumah. Sebanyak 20 SKS itu diperoleh melalui akademik dan kegiatan yang diambil berdasarkan minat mahasiswa.

Multidisiplin

Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari pengetahuan multidisiplin berdasarkan minat masing-masing mahasiswa melalui berbagai mata kuliah. Mahasiswa bebas memilih program studi yang tidak ada hubungannya dengan jurusannya di universitas asal.

Pengetahuan & Keterampilan

Program ini memberikan kesempatan untuk menimba ilmu dan keterampilan dari universitas ternama dunia di 30 negara. Kesempatan besar untuk belajar bagi dosen yang memiliki kapabilitas yang baik di bidang studinya.

Pemahaman Lintas Budaya

IISMA ini bisa meningkatkan pemahaman lintas budaya melalui pengalaman di negara tuan rumah. Mahasiswa juga dapat mengembangkan keterampilan lintas budaya saat belajar dan tinggal di kelas yang sama dengan penduduk setempat.

Jaringan

Meningkatkan jejaring di tingkat internasional melalui pertemuan mahasiswa, dosen, dan masyarakat lokal serta internasional. Jejaring dapat diperoleh dengan terlibat dalam kegiatan akademik dan non-akademik di universitas tuan rumah.

Karier

Mempersiapkan lulusan yang berkualitas dengan pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan untuk mendapatkan karier masa depan. Pengalaman belajar di luar negeri dapat memberikan nilai lebih sebagai bagian penting dari perlengkapan mahasiswa untuk bekerja di masa depan.

Persyaratan IISMA 2022:

1. Terdaftar sebagai mahasiswa S1 Indonesia aktif pada perguruan tinggi yang diakui di Indonesia di bawah Direktorat Pendidikan Tinggi, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (DJPIK) selama aplikasi dan selama program

2. Warga negara Indonesia (WNI) yang sedang berdomisili di Indonesia dan tidak berkewarganegaraan ganda

3. Berada pada semester 4 atau 6 pada saat aplikasi program tahun 2022

4. Maksimal berusia 23 tahun pada tanggal 1 Juli 2022

5. Tidak pernah mengambil cuti kuliah selama studi program sarjana

6. Tidak pernah mengikuti program mobilitas/pertukaran fisik di luar negeri selama studi program sarjana

7. Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang memadai dengan skor minimal IELTS – 6.0, TOEFL iBT – 78, Duolingo English Test – 100

8. Dicalonkan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik universitas asal

9. Tidak menerima tunjangan hidup dari dana/beasiswa lain dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) selama Program IISMA

10. Tidak mengikuti program Kampus Merdeka lainnya bersamaan dengan Program IISMA

11. Tidak pernah mengikuti lebih dari 1 (satu) Program Kampus Merdeka sebelum Program IISMA

12. Tidak pernah melanggar aturan, norma, dan/atau hukum yang berlaku di Indonesia;

13. Bersedia mengikuti tata tertib selama mengikuti IISMA.

Dokumen yang Dibutuhkan:

1. Surat Rekomendasi yang ditandatangani oleh Kepala Kantor Internasional atas nama Wakil Rektor Bidang Akademik

2. Sertifikat kemahiran bahasa Inggris (IELTS/TOEFL-iBT/Duolingo)

3. Transkrip akademik (dalam bahasa Inggris)

4. Pernyataan Non-Pendaftaran dalam Program Pertukaran/Pertukaran Pelajar Internasional Fisik/Non-Online

5. Surat Pernyataan Bebas dari Narkotika, Psikotropika, atau zat adiktif lainnya

6. Pernyataan Tidak Terlibat dalam Kekerasan Seksual.

Langkah Pendaftaran Secara Online:

1. Buka site.iisma.id dan klik tombol “Apply” di bagian kanan atas halaman.

2. Daftarkan diri dengan mengisi formulir dengan alamat email aktif, nama pengguna (buat satu), dan kata sandi. Klik "Register" sesudahnya.

3. Harap pastikan bahwa judul formulir adalah “Student” untuk aplikasi IISMA 2022 untuk penerima beasiswa mendatang.

4. Setelah mendaftar, pendaftar akan menerima email konfirmasi. Harap pastikan telah menulis alamat email dengan benar karena email konfirmasi hanya dapat dikirim satu kali.

5. Muncul email konfirmasi.

6. Klik link URL yang diberikan dalam email konfirmasi, dan akan diarahkan ke halaman login. Masukkan alamat email/nama pengguna dan kata sandi dengan benar.

7. Jika login berhasil, klik “Register Now” untuk mengisi informasi pribadi.

8. Muncul form. Harus mengisi formulir dengan data pribadi sejujur dan sebenar mungkin berdasarkan petunjuk.

9. Pada bagian ini, harus mengunggah dokumen yang diperlukan berdasarkan instruksi.

10. Pada bagian ini, harus menjawab pertanyaan sejujur dan sebenar mungkin.

11. Jika ingin menyimpan aplikasi setengah jalan, dapat mengklik tombol “Save Draft”. Harap diperhatikan bahwa dengan mengklik tombol “Save Draft” berarti belum mengirimkan aplikasi, dan masih dapat mengedit kiriman di masa mendatang.

12. Klik tombol “Sent” untuk mengirimkan aplikasi. Setelah mengklik tombol “Sent”, tidak akan dapat mengedit aplikasi lagi. Jadi harap validasikan bahwa semua data sudah benar sebelumnya.

13. Setelah mengklik tombol “Sent”, akan melihat pop-up di layar. Silakan mengklik "Save" ketika yakin dengan aplikasi.

14. Setelah mengirimkan aplikasi, maka data tidak akan dapat diubah.

15. Pengajuan harus diselesaikan selama masa pendaftaran. Jika tidak, aplikasi akan dihapus.

Jika ada pertanyaan soal Beasiswa IISMA 2022, bisa mengirim email ke secretariat@iisma.id atau melalui surat dengan alamat Kompleks Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Gedung D Lantai 18, Jalan Jenderal Sudirman, Pintu Satu, Senayan, Jakarta, Indonesia 10270.

Perkembangan informasi tentang IISMA juga bisa diikuti melalui IISMA Youtube Channel, Instagram @iisma_ri, dan Facebook Indonesian International Student Mobility Awards.

(nnn)

Tidak ada komentar